TEKNOLOGI BARU: Ini Dia Sejumlah Keunggulan 'I-shift' di Truk Volvo

JAKARTA Anda menginginkan truk yang produktif, tetapi tetap hemat bahan bakar? Cobalah menjajal truk andalan Volvo yang telah dilengkapi teknologi I-shift.
Tegar Arief | 14 September 2017 17:10 WIB
Volvo Truk - Istimewa/Bisnis

JAKARTA – Anda menginginkan truk yang produktif, tetapi tetap hemat bahan bakar? Cobalah menjajal truk andalan Volvo yang telah dilengkapi teknologi I-shift. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan dua crawler gears baru.

Teknologi ini disematkan dalam tiga truk andalan pabrikan asal Swedia tersebut, yakni Volvo FMX 400 8x4R, FMX 440 6x6R, dan Volvo FH 16 610 5x4T.

Ini dia sejumlah keunggulan teknologi tersebut: 

  • Dengan fitur crawler gears, truk bisa bergerak dari berhenti dan mengangkut beban berat dalam kondisi ekstrem. I-shift dengan crawler gears menawarkan keseluruhan cakupan baru untuk truk berat dengan transmisi otomatis guna mengatur kecepatannya saat melaju dan mundur secara perlahan. Dengan crawlers gears baru, truk bisa melaju dengan kecepatan serendah 0,5—2 km/jam.
  • Menggabungkan crawler gears dengan rasio rear axle yang sesuai mengoptimalkan putaran mesin pada kecepatan tinggi, sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah di jalan raya. Ini merupakan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan pengangkutan.
  • Perusahaan menyediakan transmisi baik sebagai direct-drive maupun overdrive gearbox dengan satu atau dua rasio crawler. Teknologi ini juga memungkinkan untuk menentukan dua rasio crawler mundur.
  • Crawler gears yang rendah diintegrasikan ke dalam transmisi I-Shift. Untuk menangani beban dengan jumlah yang tinggi, beberapa komponen terbuat dari bahan berkekuatan tinggi. Gearbox dibuat 12 cm lebih panjang dari unit I-Shift konvensional. Rasio yang ada pada gearbox dengan satu crawler gear adalah 19:1 pada gearbox direct-drive, atau 17:1 pada gearbox overdrive. Sekadar informasi, rasio gigi terendah pada I-Shift direct-drive gearbox umumnya adalah 15:1. Pada gearbox direct-drive atau overdrive gearbox dengan dua crawler gears rasio terendah adalah 32:1. Adapun, rasio terendah dari gigi mundur adalah 37:1 pada gearbox direct-drive.

 

Tag : volvo truck
Editor : Maria Yuliana Benyamin
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top