Dampak Skandal Emisi, VW Beli Kembali Ratusan Ribu Mobil Diesel

Produsen mobil asal Jerman Volkswagen (VW) telah membeli kembali sebanyak setengah dari jumlah kendaraan yang terdampak dalam skandal emisi diesel.
Tegar Arief | 16 April 2017 15:10 WIB
Volkswagen - Ilustrasi

Bisnis.com, WASHINGTON - Produsen mobil asal Jerman Volkswagen (VW) telah membeli kembali sebanyak setengah dari jumlah kendaraan yang terdampak dalam skandal emisi diesel.

Secara total, skandal yang terungkap pada akhir 2015 lalu di Amerika Serikat tersebut melibatkan 475.000 unit kendaraan diesel 2.0 liter.

Dikutip dari Reuters, Minggu (16/4/2017), produsen mobil terbesar di dunia itu telah mengirimkan surat kepada seorang hakim di AS terkait hal tersebut.

VW telah membeli kembali sebanyak 238.000 unit mobil diesel dan dari jumlah tersebut 6.200 unit di antaranya telah menjalani perbaikan perangkat lunak.

Berdasarkan perjanjian dengan otoritas terkait di AS, VW diwajibkan untuk membeli kembali atau memperbaiki setidakya 85% dari total kendaraan yang terdampak hingga akhir tahun depan.

Jika kewajiban tersebut diabaikan, perusahaan itu terancam dikenai sanksi tambahan.

Pada 2015 lalu, VW mengaku telah melakukan manipulasi emisi diesel dengan menginstal perangkat lunak yang memungkinkan kendaraan menghasilkan data tingkat polusi yang dilegalkan.

Tag : vw
Editor : Saeno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top