Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ducati Luncurkan Monster 1200 Seri Terbaru. Ini Penampakannya

Pabrikan motor asal Italia, Ducati, meluncurkan generasi terbaru Ducati Monster 1200 seri R yang dirancang dengan desain paling kuat dan canggih guna mendukung gaya hidup sporty.
Ducati Monster 1200 Seri R/autoblog/yus
Ducati Monster 1200 Seri R/autoblog/yus

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan motor asal Italia, Ducati, meluncurkan generasi terbaru Ducati Monster 1200 seri R yang dirancang dengan desain paling kuat dan canggih guna mendukung gaya hidup sporty.

Motor generasi teranyar ini dilengkapi dengan mesin silinder ganda 1200 cc Testastretta11° DSversi R. Dibandingkan dengan mesin yang digunakan seri terdahulunya, seri S, mesin silinder ganda seri R mampu menghasilkan 10% tenaga yang lebih besar serta 5,5% performa torsi yang lebih kuat.

Diklaim mampu mencapai 160 horse power (hp) serta torsi maksimum hingga 97 lb-ft, Monster 1200 R mampu menunjukkan performa motor sport di sirkuit balap, namun tetap memberikan kenyamanan yang tinggi bagi pengendara selama berkendara di jalan raya setiap harinya berkat ukuran body yang lebih ramping serta perpindahan gigi yang halus pada RPM rendah dan menengah.

Makna ‘R’ yang menginspirasi generasi Monster 1200 terbaru ini tergambar sepenuhnya pada desain yang ramping dan ringan, ukuran ‘tailpiece’ serta dudukan yang tinggi.

Tidak hanya itu, motor naked sport ini dirancang dengan keunggulan fitur yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya. Bahkan hal yang lebih ekstrim lagi, ban Pirelli Diablo Supercorsa turut melengkapi penampilan motor ini dengan ukuran 200/55 x ZR17.

Seri R juga dilengkapi dengan suspense baru dan ohlins steering damper yang berfungsi mengurangi getaran pada stang serta pijakan kaki bagi pengendara dan penumpang yang terpisah sehingga meningkatkan pengalaman layaknya balap kuda.

Motor ini lebih ringan dari Monster 1200 S, karena penggunaan tailpiece,forged wheels dan komponen karbon fiber yang digunakan sehingga total beratnya kering hanya mencapai 180 kg atau 397 lb.

Motor telanjang dari Ducati ini juga dilengkapi dengan Ducati Safety Pack, termasuk ABS dan Ducati Traction Control Systems untuk meningkatkan performa dan mengoptimalkan kendali kendaraan serta memberikan keamanan lebih bagi para penunggangnya.

Performa Mesin

Mengenai mesin, motor seri R ini didukung mesin liquid-cooled 1.198,4 cc Testastretta11°DSdengan 4 katup per silinder. Mesin motor generasi terbaru ini juga telah diperbaharui sehingga mampu meningkatkan efisiensi hingga mencapai daya maksimum 160 horse power atau 117,7 kW pada 9.250 RPM dengan torsi maksimum 13.4 kgm (97 lb-ft) pada 7.750 RPM.

Mesin Testastretta juga dilengkapi dengan sistem knalpot 2-1-2 terbaru yang memiliki pipa berdiameter 58 mm serta perangkat twin silencers yang telah didesain ulang.

Meskipun tidak mengalami perubahan pada routing, pipa knalpot memiliki diameter yang lebih besar yaitu 8 mm sehingga mampu meningkatkan efisiensi mesin.

Dibandingkan dengan mesin twin-cylinder yang terpasang pada seri Monster 1200 S, versi R masih tetap tangguh dan kuat hingga melampaui 7.000 RPM. Motor ini mampu menciptakan pengalaman yang mendebarkan di track, di mana mampu berkendara mulus hingga mencapai 10.200 RPM.

Bahkan dalam pemakaian di jalan raya, pada RPM rendah, perpindahan gigi secara konsisten halus dan responsif terhadap pembukaan throttle, dengan 75% dari performa torsi di 3.500 RPM.

Selain itu, motor ini juga memiliki kopling basah yang berfungsi layaknya ‘sendal’ yang digerakkan oleh Brembo master cylinder sehingga mampu dioperasikan dengan lancar dan progresif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : autoblog

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper