Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaguar Land Rover Indonesia Tanam Investasi Rp200 Miliar

Untuk memperluas pasar kendaraan premium merek Jaguar dan Land Rover, PT Grandauto Dinamika membuka diler baru yang diklaim terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi mencapai Rp200 miliar

Bisnis.com, JAKARTA—Untuk memperluas pasar kendaraan premium merek Jaguar dan Land Rover, PT Grandauto Dinamika membuka diler baru yang diklaim terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi mencapai Rp200 miliar.

Menurut Wakil Presiden PT Grandauto Dinamika (GAD) Darwin Maspolim, dibukanya diler baru di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, merupakan keseriusan pihaknya untuk memperkuat pasar di dalam negeri. Darwin mengakui, saat ini memang pasar mobil terkendala pelambatan ekonomi.

Namun ke depan dia optimistis penjualan akan kembali merangkak naik seiring target pertumbuhan ekonomi pemerintah serta program pembangunan yang dicanangkan. Meski demikian dia enggan menyebut target penjualan yang ingin diraih pihaknya tahun ini dengan adanya penambahan diler itu.

Di sisi lain, merujuk data terakhir yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada kuartal I/2015 penjualan Jaguar hanya mencapai 5 unit. Jumlah tersebut menurun cukup drastis dari capaian pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 16 unit.

Berbeda dengan Jaguar, penjualan Land Rover pada tiga bulan pertama tahun ini cukup moncer dengan raihan 59 unit. Angka tersebut mengalami pertumbuhan dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 53 unit.

Sedangkan penjualan Jaguar dan land Rover sepanjang 2014 mencapai 50 dan 205 unit. Sedangkan pada 2013 jumlah Jaguar yang terjual hanya 56 unit dan Land Rover 94 unit.

“Dengan diler ini kami berharap penjualan lebih banyak, tapi untuk pertumbuhan saya tidak bisa perkirakan karena keadaan pasar memang sulit,” ujarnya di sela-sela acar pembukaan diler baru itu, Rabu (6/5).

Dengan penambhan diler baru tersebut kini GAD memiliki tiga diler Jaguar dan Land Rover yang sebelumnya sudah berdiri di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Selain itu, penjualan Jaguar dan Land Rover Indonesia ditunjang pula dengan adanya satu unit diler di Surabaya.

Darwin mengakui saat ini pasar Jaguar dan Land Rover mencapai 90% di Jakarta. Surabaya berkontribusi sekitar 10%. Pihaknya saat ini masih fokus di kedua daerah tersebut karena pembelian di luar Jakarta dan Surabaya tidak terlalu besar.

Selain dengan pembukaan diler, Darwin mengatakan pihaknya akan memperluas pasar dengan mengeluarkan produk baru. Dia menjanjikan, setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun ke depan Jaguar dan Land Rover Indonesia akan meluncurkan banyak model baru untuk menstimulus pasar.

Hal tersebut diamini Managing Director Jaguar Land Rover Asia Pasific Russell Anderson. Dia membocorkan, setidaknya dalam kurun waktu 12 bulan ke depan empat model baru akan meluncur di pasar mobil mewah Tanah Air.

Dari empat model tersebut tiga diantaranya adalah merek Jaguar termasuk varian XE. Sedangkan satu unit Land Rover yang akan dihadirkan adalah Discovery Sport.

“Kami melihat peluang besar di pasar mobil mewah di Indonesia yang kami perkirakan ke depan akan bersinar. Untuk Discovery Sport akan kami luncurkan dalam waktu satu atau dua bulan ke depan,” ujarnya dalam ajang yang sama.

Di sisi lai Darwin menambahkan, dengan adanya penambahan diler pihaknya berharap dapat menjaga kualitas layanan purna jual. Saat ini kendaraan yang masuk ke  tiga diler yang berada di Jakarta untuk melakukan perawatan dalam sehari mencapai 15-20 unit.

Darwin berharap ke depan diler di Jakarta dapat lebih banyak melayani konsumen. “Meski baru dibuka diler baru ini sehari sudah dikunjungi 8-10 unit kendaraan. Ke depan seiring bertambahnya penjualan akan meningkat,” ujarnya.

Diler baru tersebut berdiri di tanah seluas 4.500 meter persegi dan mampu mendisplay hingga 22 unit kendaraan. Dia menambahkan, sitem perawatan kendaraan di diler tersebut terhubung langsung melalui internet dengan prinsipal di Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper