Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Ban Michelin Kuartal I/2014 Naik 3,4%

Michelin Group mengklaim meraih kinerja gemilang selama kuartal I/2014.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Michelin Group mengklaim meraih kinerja gemilang selama kuartal I/2014.

Michelin mencatat penjualan bersih €4,8 Miliar atau meningkat 3,4% dibandingkan periode yang sama pada 2013. Pertumbuhan pendapatan tersebut berasal dari peningkatan penjualan ban bawaan, ban truk, ban kendaraan roda dua, ban pesawat, dan ban di sektor pertanian.

Peningkatan permintaan ban seperti yang terlihat di kuartal pertama tahun ini akan turut menyumbang pencapaian pertumbuhan volume penjualan sekitar 3% di tahun 2014. Prediksi tersebut didukung dengan industri otomotif yang mulai membaik karena sejumlah pabrikan mulai gencar dalam memproduksi kendaraan yang mempengaruhi peningkatan volume pada ban bawaan.

Pada kuartal I/2014, ban bawaan untuk kendaraan berpenumpang dan truk ringan di Eropa tercatat naik sebesar 6%. Di Amerika Utara berhasil tumbuh 5%, sedangkan untuk pasar Asia, kecuali India, secara keseluruhan permintaan ban meningkat hingga 8%. Meskipun pertumbuhan di tiap negara sangat bervariasi, pertumbuhan pasar melonjak signifikan hingga 12%.

Sementara itu, ban bawaan untuk segmen truk pasarnya meningkat lebih tinggi diatas segmen kendaraan berpenumpang dan truk ringan. Salah satu alasannya adalah pendaftaran pembelian truk menjelang penerapan standar emisi Euro VI yang jatuh pada 1 Januari 2014.

Satu hal yang menarik, pasar ban radial dan bias di Asia kecuali India secara keseluruhan meningkat 11% dengan nilai tertinggi ditorehkan oleh Cina sebesar 13%. Tren pasar ban bawaan di Amerika Selatan juga menunjukkan peningkatan sebesar 10%, dipengaruhi oleh tingkat suku bunga di Brasil.

Jean Charles Simon, Country Director Michelin Indonesia, dalam rilisnya kepada Bisnis mengatakan, meningkatnya pertumbuhan pasar ban radial di Asia menunjukkan bahwa kesadaran dan pemahaman konsumen di wilayah ini terus meningkat. Seperti di Indonesia, tren penjualan ban radial terus meningkat. Selama 2013, pangsa pasar ban radial mencapai sekitar 16% dan diperkirakan akan meningkat hingga 28% di tahun 2019.

”Michelin Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan penggunaan ban radial, sehingga pangsa pasarnya semakin besar di Indonesia. Michelin Indonesia juga akan terus memasarkan produk-produk dari hasil inovasi dan teknologi terbaru yang disesuaikan kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang,” katanya.

Ban Radial terbukti memberikan banyak keuntungan seperti mengurangi biaya operasional melalui efisiensi BBM serta memberikan tingkat keamanan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper