Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Prabowo Ternyata Hobi Koleksi SUV Lawas, Intip Garasinya

Presiden Prabowo Subianto tercatat memiliki koleksi sport utility vehicle (SUV) lawas.
Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto menyapa warga di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024). Bisnis
Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto menyapa warga di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto ternyata gemar mengoleksi mobil segmen sport utility vehicle (SUV) tahun lawas. 

Di garasi Prabowo terparkir beberapa unit SUV lawas di antaranya Toyota Land Cruiser Jeep lansiran 1980 hingga Land Rover Jeep 1994.

Sebagai informasi, mobil segmen SUV dirancang khusus untuk melibas berbagai medan jalan. Untuk melibas medan offroad, SUV biasanya dibekali sistem penggerak empat roda (4WD). Namun, ada juga SUV yang tidak dibekali sistem 4WD, tipe itu biasanya disebut small SUV.

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) Prabowo Subianto per Desember 2023, pada bagian alat transportasi dan mesin miliknya tercatat sebesar Rp1,25 miliar.

Mobil paling lawas milik Prabowo yakni Toyota Land Cruiser Jeep tahun 1980 senilai Rp50 juta. Disusul Land Rover Jeep tahun 1992 dan 1994 yang masing-masing seharga Rp50 juta.

Selanjutnya, Mitsubishi Pajero tahun 2000 seharga Rp175 juta, Toyota Lexus Jeep 2002 seharga Rp400 juta, dan CR-V 2007 senilai Rp130 juta. 

Selain SUV, Prabowo juga memiliki model multi-purpose vehicle (MPV) yakni Toyota Alphard 2005 seharga Rp400 juta. Ada juga satu unit sepeda motor Suzuki seharga Rp3,5 juta.

Selain kendaraan, Presiden Prabowo juga memiliki aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp275,32 miliar yang tersebar di kawasan Jakarta Selatan dan Bogor, Jawa Barat. 

Harta Prabowo lainnya yakni surat berharga senilai Rp1,7 triliun, kas dan setara kas Rp47,8 miliar, harta bergerak lainnya Rp16,41 miliar, sedangkan utangnya nihil. Alhasil, total harta kekayaan orang nomor 1 di RI itu tembus Rp2,04 triliun.

Adapun, sosok Prabowo yang berlatar belakang militer itu juga lekat dengan mobil SUV yakni Maung MV3 Garuda Limousine, yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero).  

Kendaraan terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri itu digunakan oleh Presiden Prabowo Subianto usai pelantikan di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10/2024).

Sebagai pengingat, pada 2023 lalu, Prabowo menyatakan pabrik-pabrik manufaktur di Indonesia akan memproduksi mobil buatan dalam negeri, dengan nama Maung.

Sebelumnya, pada 25 Oktober 2023, Maung juga sempat digunakan untuk mengantar Prabowo-Gibran saat masih menjadi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper