Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran Naik Mercy Rp2,9 Miliar, Cek Spesifikasinya

Spesifikasi Mercedes-Benz S 450 yang akan digunakan tamu pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden
Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran Naik Mercy Rp2,9 Miliar, Cek Spesifikasinya / Mercedes-Benz
Tamu Pelantikan Prabowo-Gibran Naik Mercy Rp2,9 Miliar, Cek Spesifikasinya / Mercedes-Benz

Bisnis.com, JAKARTA - Para tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran akan menaiki Mercedes-Benz S 450 seharga Rp2,9 miliar yang disiapkan oleh negara.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sejumlah kendaraan jenis sedan Mercedes-Benz yang terparkir di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), memang disiapkan untuk tamu negara saat pelantikan Prabowo-Gibran.

"Mobil tersebut untuk transportasi penerimaan tamu negara VVIP dan VIP," kata Pratikno seperti dilansir dari Antara.

Pratikno juga sekaligus menegaskan bahwa kendaraan yang terparkir di GBK bukan kendaraan yang disiapkan untuk para menteri kabinet Prabowo-Gibran. Kendati demikian, belum dijelaskan berapa unit Mercedes-Benz S 450 untuk tamu negara. 

Sebagaimana diketahui, Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka rencananya dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.

Menilik spesifikasinya, Mercedes-Benz S 450 dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 2.999 cc dengan transmisi 9G-Tronic automatic transmission.

Dapur pacu itu diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 367 HP di 5.500-6.100 rpm, dan torsi 500 Nm di 1.600 hingga 4.500 rpm. Rasio kompresinya adalah 10,5:1.

Dari sisi akselerasi, Mercedes-Benz S450 diklaim dapat menempuh 0-100km hanya dalam waktu 5,1 detik dan top speed mencapai 250 km per jam. Sementara itu, konsumsi BBM mobil tersebut yakni 9,6 liter per 100 kilometer dengan standar emisi Euro 6.

Secara dimensi, mobil tersebut memiliki panjang 5.289 mm, lebar 1.954 mm, dan tinggi 1.503 mm. Tampilan Mercedes-Benz S Class itu pun tampak elegan dan mewah dengan kelir obsidian black.

Beralih ke interiornya, ada dua pilihan kulit jok yakni nappa leather sienna brown dan nappa leather black. Interior itu dibekali sistem hiburan seperti Apple Carplay, Android Auto, MBUX rear tablet, 3D driver display, hingga wireless charging system.

Tak ketinggalan, Mercedes-Benz S 450 memiliki sejumlah fitur keselamatan seperti Active Line Keeping Assist, Pre-Safe impulse side, Sidebags in rear, Rear airbag, hingga Adaptive Highbeam Assist Plus.

Berbekal spesifikasi tersebut, mobil sedan mewah asal Jerman, Mercedes-Benz S450 itu dibanderol seharga mulai dari Rp2,9 miliar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper