Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat Mobil Pribadi Jadi Mitra Lalamove, Gojek, Grab, Potensi "Gaji" Rp21 Juta per Bulan

Berikut persyaratan mobil pribadi untuk gabung menjadi mitra Lalamove, Gojek hingga Grab.
Pengemudi ojek online melintas di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pengemudi ojek online melintas di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Lalamove Indonesia, platform pengiriman on-demand, kini merambah bisnis ride hailing dan siap bersaing melawan Gojek, Grab hingga inDrive. 

Perlu diketahui, Lalamove terbuka bagi masyarakat yang memiliki mobil pribadi untuk menjadi mitra pengemudi (driver) dengan potensi penghasilan hingga Rp21 juta per bulan.

Kendati demikian, pihak Lalamove juga menetapkan sejumlah syarat tertentu bagi mobil pribadi milik mitra driver perseroan. 

"Lalamove selalu memastikan armada yang digunakan oleh driver merupakan kendaraan yang sudah layak jalan, di mana mesin dalam kondisi prima, interior dan eksterior dalam kondisi bagus," ujar Lalamove melalui laman resminya dikutip Minggu (11/8/2024).

Tak hanya itu, mitra driver Lalamove juga perlu memastikan interior mobil dalam keadaan bersih, khususnya pada armada mobil, sedan, van, pick up box, engkel box, atau CDD box karena Lalamove melayani pengiriman makanan dan bahan baku. Interior yang bersih akan menjamin kualitas barang makanan atau bahan baku lebih terjaga.

Melalui laman resminya, Lalamove juga merekomendasikan merek-merek mobil tertentu yang dapat menjadi mitra driver perseroan dengan menyesuaikan jenis mobilnya, seperti sedan, multipurpose vehicle (MPV), hingga van.

Berikut Syarat Mobil Pribadi Mitra Driver Lalamove:

Sedan

Salah satu tipe mobil pribadi yang dapat menjadi mitra Lalamove adalah sedan. Meskipun memilki kapasitas terkecil, mobil tipe sedan ini mampu mengirim barang maksimal 100 kg dengan dimensi 150x80x80 cm. Jenis kendaraan ini cocok untuk pengiriman makanan, buket bunga, alat elektronik, dan muatan sedang lainnya. 

Mobil sedan yang direkomendasikan oleh pihak Lalamove adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Datsun, Nissan, dan lainnya.

MPV

Selanjutnya, bagi yang memiliki mobil pribadi tipe MPV di rumah dapat menjadi mitra driver Lalamove dengan penghasilan hingga Rp500.000 per harinya. Mitra driver juga bisa mendapatkan tambahan insentif bulanan dengan program stiker Lalamove. 

Berbeda dengan sedan, jenis mobil MPV, SUV, crossover, hatchback, atau city car memiliki muatan maksimal hingga 200 kg. Mobil ini mampu mengirim barang dengan dimensi 175x 100x85 cm. Barang yang direkomendasikan untuk menggunakan armada ini adalah produk segar, makanan, minuman, kue tart, hingga barang elektronik ukuran sedang.

Van

Salah satu kriteria kendaraan mitra driver Lalamove selanjutnya adalah van yang memiliki kapasitas 600 kg. Jenis kendaraan ini direkomendasikan untuk pengiriman barang kecil ke sedang, alat elektronik, makanan dan minuman, produk sensitif cahaya seperti obat dan skincare, hingga furnitur ukuran sedang. 

Menurut keterangan Lalamove, mobil kendaraan yang diperbolehkan untuk menjadi mitra adalah Hyundai, Mitsubishi, Suzuki APV, Isuzu, Suzuki Super Carry, dan lainnya. Lalamove melayani wilayah cakupan pengiriman jarak jauh Jakarta dan Bandung dengan van. 

Syarat Mobil Pribadi Mitra Gojek & Grab:

Tak hanya Lalamove, pemain lama yang sudah lebih dulu berkecimpung di bisnis ride hailing seperti Gojek dan Grab juga menetapkan persyaratan untuk kendaraan pribadi yang akan menjadi mitra driver.

Misalnya, Grab menetapkan persyaratan bagi para calon mitra pengemudi GrabCar yaitu memiliki mobil pribadi berusia maksimal 8 tahun dan layak jalan. Mobil pribadi juga harus memiliki mesin dalam kondisi prima, baik mesin, eksterior maupun interior, serta tidak dimodifikasi.

Manajemen Grab mengatakan, jenis-jenis mobil yang dapat menjadi mitra pengemudi GrabCar yaitu MPV, sedan, SUV, dan city car. Untuk kapasitas mesin yang diperbolehkan dan dianjurkan untuk mendaftar GrabCar adalah mesin di atas 1.000cc. Namun, lebih baiknya lagi jika bisa memiliki minimal 1.500cc. 

Senada dengan Grab, Gojek juga menetapkan syarat bagi para calon mitra pengemudi GoCar yakni memiliki mobil penumpang minimal 1.000cc dan tahun kendaraan minimal 2010.

Selain itu, Gojek menetapkan persyaratan bagi mobil pribadi calon mitra driver yakni tahun pembuatan maksimal 8 tahun, dan pajak kendaraan aktif.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper