Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mengirim Sepeda Motor via Kereta Api, Cek Tarif dan Syaratnya

Mengirim sepeda motor antar kota sudah tidak lagi sulit, berikut syarat, biaya dan cara mengirim sepeda motor menggunakan kereta.
Pengiriman logistik termasuk sepeda motor menggunakan layanan KALOG./Kalog
Pengiriman logistik termasuk sepeda motor menggunakan layanan KALOG./Kalog

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran teknologi otomotif semakin tinggi seiring dengan peminatnya yang sangat banyak. Mengirimkan paket sepeda motor ke luar kota menjadi salah satu persoalan pencinta kendaraan berkuda besi ini. Berikut cara mengirim sepeda motor menggunakan kereta api selengkapnya.

PT Kereta Api Indonesia akan membantu menjawab persoalan tersebut. Kereta Api menjadi salah satu transportasi pengiriman sepeda motor pilihan masyarakat Indonesia. Saat ini,  Kereta Api Indonesia menyediakan layanan untuk mengirim sepeda motor ke wilayah tertentu. Jasa pengiriman motor ini dibawah naungan Kereta Api Indonesia Logistik (KALOG). 

Mereka membuka jasa layanan pengiriman paket sepeda motor menggunakan kereta api antar kota. Karena biayanya yang tergolong murah dan juga aman, tidak heran banyak pelaku bisnis penjualan motor sering kali mengirimkan motor jualannya melalui jasa kalog.

Sebelum mengirim motor menggunakan kereta api, perhatikan beberapa syarat teknik yang harus dilakukan sebelum melakukan pengiriman sepeda motor melalui kereta api, dikutip Selasa (27/02/2024).

Persyaratan Dokumen Kirim Sepeda Motor Via Kereta Api

Melakukan pengiriman sepeda motor menggunakan layanan kereta api KAI Logistik perlu mempersiapkan beberapa dokumen penting, diantaranya:

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan): Pastikan Anda memiliki STNK asli untuk sepeda motor yang akan dikirimkan. STNK merupakan dokumen yang membuktikan kepemilikan dan legalitas kendaraan bermotor.
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk): Dokumen identitas diri seperti KTP mungkin diperlukan sebagai bagian dari persyaratan pengiriman sepeda motor.
  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor): Meskipun tidak secara konsisten disebutkan, BPKB mungkin dibutuhkan sebagai dokumen tambahan yang menunjukkan kepemilikan dan legalitas sepeda motor.

Cara Kirim Motor Menggunakan Kereta Api

Setelah dokumen persyaratan sudah lengkap, selanjutnya sobat bisnis bisa mengirim sepeda motor menggunakan kereta api dengan beberapa langkah berikut:

1. Periksa Kondisi Sepeda Motor

Sebelum sobat bisnis mengirimkan motor ke jasa ekspedisi kalog, pastikan untuk memeriksa kembali kendaraan motor. Cek ulang kondisi sepeda motor yang hendak dikirim, perhatikan bagian-bagian penting pada motor. jangan lupa untuk melakukan foto sebelum motor dikirimkan agar tidak terjadi kesalahpahaman saat proses pengiriman. 

2. Lepas Bagian Motor yang Mudah Pecah

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencopot perlengkapan motor yang mudah pecah atau rusak seperti spion, kemudian mengosongkan bahan bakar agar tidak memicu munculnya api, serta mengosongkan bagian bagasi motor.

3. Cek Harga Pengiriman

Langkah berikutnya yang tidak kalah jauh penting adalah dengan mengecek biaya pengiriman untuk kota tujuan. Untuk lebih lengkapnya sobat bisnis bisa cek di website resmi KAI, https://kalogistics.co.id/cek_tarif

4. Menyiapkan Dokumen STNK dan BPKB

Setelah semuanya siap, sobat bisnis bisa membawa motor untuk dikirimkan melalui jasa KAI Logistik. Tapi sebelum itu, sebagai persyaratan administrasi sobat bisnis perlu menyiapkan surat-surat yang dibutuhkan seperti STNK asli, kunci motor untuk pemindahan, fotocopy BPKB serta surat pendukung lainnya.

Setelah persyaratan pengiriman sudah terpenuhi, selanjutnya sepeda motor akan dikemas sebelum dikirimkan ke kota tujuan menggunakan KAI Logistik.

Kemudian pengirim akan mendapatkan surat salinan pengantar barang yang terdapat nomor resi pengiriman dan dapat dijadikan bukti pengembalian. 

Biaya Kirim Sepeda Motor Via Kereta Api

Melansir website resmi KAI Llogistik, tarif biaya pengiriman motor menyesuaikan dengan ukuran motor dan jarak kirim ke kota tujuan.

  • Motor bebek ukuran kecil hingga sedang: Mulai dari Rp 300.000
  • Motor Sport: Mulai dari Rp 400.000
  • Motor 250 cc ke atas (Moge): Mulai dari Rp 750.000

Itulah syarat dan biaya yang perlu diperhatikan serta dengan cara melakukan pengiriman sepeda motor melalui kereta api logistik. Selanjutnya sobat bisnis sudah bisa menggunakan kalogistik untuk melakukan pengiriman luar kota dengan tarif yang tergolong masih murah dan aman. (Maria Jessica Elvera Marus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper