Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunakan Keduanya, Toyota Sebut Baterai LFP dan Nikel Punya Keunggulan

Toyota Kijang Innova Zenix menggunakan baterai NiMH berbasis nikel, sedangkan Li-Ion terdapat pada Yaris Cross HEV, dan mobil listrik bZ4X.
Mobil listrik Toyota bZ4X/Toyota
Mobil listrik Toyota bZ4X/Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Produk elektrifikasi dari Toyota menggunakan jenis NiMH, dan juga Li-Ion yang masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Kedua baterai tersebut juga diketahui menggunakan bahan baku nikel.

Baterai NiMH pun ditanamkan untuk produk elektrifikasi hybrid Kijang Innova Zenix, sedangkan Li-Ion untuk Yaris Cross HEV dan mobil listrik bZ4X.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan baterai NiMH memiliki keunggulan dari segi daya tahan yang lama, dan kuat terhadap suku ekstrem.

Kemudian jenis Lithium-Ion memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi, sehingga lebih efisien untuk menyimpan energi bila dibandingkan jenis lainnya dengan ukuran yang sama.

Selain itu, baterai ini juga memungkinkan mobil mendapatkan ukuran yang lebih kompak dengan keunggulan penyimpanan dan penyaluran energi lebih efisien.

“Jadi penting ya untuk model kendaraan Battery EV yang value utamanya ada di performa baterai,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (24/1/2024).

Merujuk situs resmi Toyota Astra Motor, baterai lithium-ion memiliki kepadatan tertinggi dari 96 sel dengan tegangan 355,2 volt. Kapasitas kotor jenis ini mencapai 71,4 kWh dengan pengoperasian pada suhu -30 sampai 60 derajat celcius.

Pada mobil listrik bZ4X, terdapat sistem pendingin air layaknya radiator mesin yang menggunakan refrigeran dan membantu menjaga output selalu stabil saat sel didinginkan.

Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya hingga 80% dengan menggunakan sistem fast charging kapasitas 150 kW. Sementara pengisian penuh menggunakan pasokan 230 V/32 A memakan waktu sekitar 9,5 jam.

Mobil ini mampu menempuh jarak lebih dari 500 km dengan kondisi baterai yang terisi penuh. Namun, hal ini bergantung pada kondisi jalan dan berkendara dari setiap pengemudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler