Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Ogah Jualan Mobil Listrik Hybrid, Ini Alasannya

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tidak akan meluncurkan produk mobil listrik jenis hybrid dalam jajaran produk elektrifikasinya.
Hyundai Stargazer./Doc. Hyundai
Hyundai Stargazer./Doc. Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menegaskan tidak akan meluncurkan produk kendaran listrik jenis hybrid dalam jajaran produk elektrifikasinya.

Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan setiap produsen kendaraan memiliki strateginya masing-masing dalam memasarkan kendaraan elektrifikasi.

Terlebih terdapat beberapa jenis kendaraan elektrifikasi mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV) atau kendaraan listrik murni.

“Hyundai sudah menegaskan bahwa kami bermain adalah di kelas ICE karena itu market yang sekarang ada atau eksis, tapi juga kami main di battery EV. Kami tidak main di kelasnya hybrid,” ujar Soerjo saat ditemui di Jakarta dikutip Senin (2/10/2023).

Dalam riset yang dilakukan oleh pihak Hyundai, dia menyebut salah satu faktor yang memicu konsumen untuk membeli Ioniq 5 sebagai kendaraan BEV adalah karena terbebaskan dari aturan ganjil-genap.

Di sisi lain, banyak konsumen yang harus menggelontorkan dana lebih untuk membeli dua kendaraan dengan biaya perawatan untuk masing-masing kendaraan demi mengatasi aturan ganjil-genap.

Alhasil riset pun menunjukkan faktor yang membuat konsumen menyasar Ioniq 5 adalah biaya perawatan yang lebih murah, serta harga yang sama untuk membeli dua kendaraan ICE demi mengatasi aturan ganjil-genap.

Sebagai informasi, harga untuk Ioniq 5 berada pada rentang Rp780 juta hingga Rp800 jutaan. Soerjo pun menyebut harga Ioniq 5 ini sama dengan dua unit kendaraan ICE pada umumnya dengan harga rentang Rp300 juta sampai Rp400 juta.

 “Jadi ganjil-genap itu driver-nya orang beli battery EV,” tuturnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil listrik murni atau BEV dari Hyundai mencapai 4.512 unit sepanjang Januari-Agustus 2023, naik 492 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Secara terrinci, penjualan dari Ioniq 5 mencapai 4.315 unit sepanjang Januari-Agustus 2023. Kemudian penjualan Ioniq 6 yang baru meluncur pada GIIAS 2023 mencapai 189 unit. Selain itu, ada Genesis G80 EV yang telah terjual sebanyak 8 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper