Ini 5 Kelebihan Pertamax Green 95 yang Perlu Diketahui

Pertamina telah resmi memperkenalkan produk barunya yang bernama Pertamax Green 95. Apakah bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan?
Foto: Ini 5 Kelebihan Pertamax Green 95 yang Perlu Diketahui/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi
Foto: Ini 5 Kelebihan Pertamax Green 95 yang Perlu Diketahui/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini, Pertamina telah resmi memperkenalkan produk barunya yang bernama Pertamax Green 95. Lalu, apakah bahan bakar Pertamax Green 95 ini bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan?

Pertamina telah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut, bahwa BBM Pertamax Green 95 ini bisa digunakan oleh semua jenis kendaraan yang menggunakan bahan bakar gasoline (bensin), baik itu kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Dari segi harga, Pertamax Green 95 dibanderol lebih mahal dari Pertamax biasa. Namun, jenis pertamax keluaran baru ini memiliki harga yang lebih murah dari Pertamax Turbo. Sebagai informasi, bagi pembeli yang melakukan transaksi melalui aplikasi MyPertamina akan mendapatkan potongan harga.

Pertamax Green 95 juga dijual dengan harga Rp13.500 per-liter. Harga tersebut sudah sesuai dengan keekonomian BBM RON 95 di antara RON 92 dan RON 98.

Terlebih lagi, Pertamina Patra Niaga saat ini telah memproyeksikan permintaan Pertamax Green 95 di Pulau Jawa sudah mencapai lebih dari 90.000 Kilo Liter (KL) per tahun. Sementara untuk kebutuhan etanol yang dibutuhkan untuk proyeksi ini sebesar 4.800 KL sampai 5.000 KL pertahunnya.

Dari semua penjelasan diatas, sebenarnya apa, sih, kelebihan dari bahan bakar Pertamax Green 95 ini. Bagi Anda yang ingin tahu lebih detail, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memiliki Kandungan RON 95

Campuran dari Pertamax (RON 92) dan sebanyak 5 persen etanol dapat menghasilkan bioenergi dan diberi nama Pertamax Green 95. Campuran kedua bahan tersebut mampu menghasilkan produk baru yang menghasilkan research Octane Number (RON) 95.

Meskipun memiliki nilai RON sebesar 95, Pertamax Green 95 bukanlah bahan bakar yang mempunyai nilai oktan paling tinggi. Untuk posisi pertama produk Pertamina yang memiliki nilai Research Octane Number adalah Pertamax Racing dengan nilai minimal RON 100.

Sementara di posisi kedua masih dipegang oleh Pertamax Turbo dengan formulasi dari bahan bakar dengan RON 98.

2. Terdapat kandungan Bioetanol

Terdapat sebanyak 5 persen etanol di dalam Pertamax Green 95 sebagai bahan campuran. Etanol sendiri didapatkan dari tetes tebu atau molase yang diharapkan mampu mendukung kebebasan energi.

Bapak Presiden Joko Widodo sudah sejak 2022 telah melakukan proyeksi Program Bioetanol Tebu sebagai ketahanan energy. Sebanyak 40 ribu KL didapatkan pada awal produksi etanol yang berasal dari sebuah fermentasi tetesan tebu serta diharapkan mampu meningkat hingga 1,2 juta KL di tahun 2030.

Berdasarkan penelitian dari Departemen Energi Amerika Serikat (AS) dengan memanfaatkan bioetanol sebagai campuran bahan bakar yang mampu menghasilkan bahan bakar hemat bagi kendaraan yang bermacam-macam. Hal ini tentunya masih berkaitan dengan jumlah campuran yang diberikan.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Kelebihan lain dari Pertamax Green 95 yakni diklaim lebih ramah lingkungan. Berkat adanya campuran dari etanol molase tebu pada BBM, Pertamax Green 95 dapat menurunkan kadar emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor. Dengan begitu, bahan bakar pertamax green 95 ini dinilai lebih ramah lingkungan.

Dengan hadirnya Pertamax Green 95 diyakini mampu mendorong target nasional dalam meraih gabungan Energy baru dan Terbarukan (EBT) sebanyak 31 persen pada tahun 2050.

4. Harga Mampu Bersaing

Pertamax Green 95 dijual dengan harga Rp 13.500 per liter. Namun, selama promo untuk pembelian melalui aplikasi MyPertamina BBM Baru ini dijual dengan harga Rp13.300 per liter. Tak hanya itu saja, bahkan pelanggan juga akan mendapatkan poin dua kali lipat, dari 7 poin menjadi 14 poin.

Bahkan para kompetitor Pertamina sudah terlebih dahulu memasarkan produk serupa, yakni Vivo dengan Revvo 95 sekitar Rp 13.580 per-liter, lalu di Shell dijual dengan nama Shell V-Power seharga Rp13.780 per-liter. Selain itu, ada juga di BP dengan BP Ultimate yang diberi harga sekitar Rp13.780 per-liter.

5. Performa mesin jadi lebih baik

Ada pula kelebihan lain dari Pertamax Green 95 ini yang sudah diungkapkan oleh Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan. Pasalnya, Pertamax Green 95 ini sangat bagus untuk kendaraan karena mampu membersihkan mesin serta memberikan akselerasi yang baik pada kendaraan.

Penelitian bahan bakar yang memiliki kandungan serupa memberikan hasil yang signifikan bagi kendaraan. Menurut penelitian yang dilakukan Yos Nofendri dari Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 (2018) mengatakan bahwa adanya campuran Pertamax dengan etanol sebanyak 5 persen pada Pertamax Green 95 mampu meningkatkan kinerja mesin sampai 10,9 persen.

Itu dia beberapa pembahasan mengenai kelebihan Pertamax Green 95 yang menjadi produk baru dari pertamina. Seperti yang kita bahas di atas bahwa Pertamax Green 95 ini cocok dipakai semua kendaraan yang berbahan bakar bensin, baik itu untuk mobil bekas ataupun mobil baru.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas untuk merasakan Pertamax Green 95, Anda bisa membelinya disebuah platform jual beli mobil bekas terpercaya. Dalam mencari mobil berkualitas dan optimal, tentunya diperlukan kesabaran dan kecermatan dalam memilih mobil yang cocok dengan budget Anda, bukan? Jadi, telitilah dalam membeli agar tidak menyesal nantinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper