Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Electrum JV GOTO & TOBA Bidik Produksi 250.000 Motor Listrik per Tahun

Pabrik Electrum, perusahaan patungan PT TBS Energi Utama Tbk. dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. ditargetkan memiliki kapasitas produksi 250.000 unit per tahun.
Groundbreaking pabrik motor listrik Electrum di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023) - Bisnis-Anshary madya Sukma
Groundbreaking pabrik motor listrik Electrum di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023) - Bisnis-Anshary madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen motor listrik Electrum, perusahaan patungan antara PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), resmi memulai pembangunan pabrik motor listrik pertama di Indonesia. 

Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir mengatakan, pabrik perakitan motor listrik akan dibangun di lahan seluas 3 hektare (ha) di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

"Kami akan memproduksi motor listrik karya anak bangsa dan akan dirakit di sini. Kami berkolaborasi dengan partner kami yang bisa menciptakan ekosistem elektrik di Indonesia," kata Pandu dalam acara groundbreaking pabrik Electrum, Jumat (23/5/2023).

Lebih lanjut, Pandu menuturkan bahwa pada tahap awal pabrik ini ditargetkan memiliki kapasitas produksi 250.000 unit motor listrik per tahun. 

Kemudian, pabrik ini diklaim akan melakukan proses produksi dengan mengacu pada aktivitas green factory sehingga kegiatan produksi menjadi lebih ramah lingkungan. Pabrik ini akan menggunakan sumber listrik yang bersumber dari tenaga surya, pengolahan air bersih dan sistem limbah juga mengacu pada aspek environmental, social, and governance (ESG).

"Kami akan mengusung green factory dengan rancangannya panel surya, pencahayaan alami, pengolahan air bersih, dan sistem limbah. Pabrik juga akan dilengkapi laboratorium kualitas mutu pusat R&D, dan tes modern, semuanya ini melekat pada aspek ESG," imbuh Pandu.

Managing Director Electrum Patrick Adhiatmadja menambahkan pabrik ini ditargetkan rampung dalam 12 bulan ke depan dan dapat beroperasi pada 23 Juni 2024.

"Prediksi dua belas jadi, jadi tanggal 23 Juni 2024 mudah-mudahan bisa beroperasi ini," kata Patrick.

Di samping itu, Electrum turut mengumumkan kerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga dalam hal pengemasan baterai. Kemudian ditandatangani pula kerja sama dengan GIIC dalam hal pembelian dan penggunaan motor listrik di kawasan industri dan terakhir kerja sama dengan Planet Ban.

Sebagai informasi, Electrum telah melakukan uji coba tahap pertama kendaraan listrik roda dua pada awal 2022. Uji coba motor listrik Electrum melalui mitra pengemudi Gojek melalui layanan GoRide Electric, melampaui jarak tempuh 9 juta kilometer dengan total 500 unit motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper