Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Mobil Buatan China Bakal Nongol di GIIAS 2023, Jepang dan Korsel Auto Ketar-ketir

Perhelatan GIIAS 2023 akan menghadirkan brand baru asal China. Apa saja? simak ulasannya.
Ilustrsi mobil china. -REUTERS
Ilustrsi mobil china. -REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Perhelatan GIIAS 2023 akan menghadirkan brand baru asal China, yakni Haval, Ora, Tank dan Neta. Kemunculan keempat brand tersebut nantinya diharapkan bakal berinvestasi di Indonesia, salah satunya dengan melakukan produksi lokal.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan saat ini merek otomotif baru tersebut akan mulai menjajaki pasar di Indonesia dengan mengenalkan produknya di GIIAS 2023.

Kemudian, menurut Nangoi, jika keempat merek tersebut mendapatkan respon positif maka biasanya akan melakukan produksi lokal, bisa dimulai dengan membangun pabrik perakitan atau membuat komponennya langsung di Tanah Air.

“Jadi mereka akan masuk dulu Indonesia dan jajaki marketnya kalau dianggap cukup bagus maka nantinya mereka biasanya akan mengambil keputusan apakah dia assembling atau gimana biasanya kesana [produksi lokal],” kata Nangoi di Jakarta, Rabu (25/5/2023).

Nangoi menambahkan bahwa kehadiran brand baru di GIIAS merupakan suatu hal yang membanggakan. Sebab, ini artinya pasar otomotif di Indonesia semakin dilirik dunia dan menjadi market yang potensial.

Adapun, Presiden Direktur Seven Events Romi menyampaikan tahun ini merek mobil China tersebut tengah melakukan penjajakan untuk melakukan distribusinya di Indonesia. Menurutnya, tahun ini keempat merek tersebut akan segera mendapatkan rekanan lokal.

“Kita sudah berhubungan langsung degngan Produsen di China dan sampai saat ini sedang penjajakan dengan disrtributor Indonesia. Jadi dapat kabar dar mereka insyaallah tahun ini mereka mulai dapat partner di Indonesia, sebelum dapat mau show dulu produk mereka,” ujar Romi.

Meskipun begitu, kata Romi, produsen mobil tersebut sudah mulai berniat untuk perjualan di Indonesia. Oleh karena itu, nantinya pameran GIIAS 2023 akan menjadi barometer sebelum mereka berjualan di Tanah Air.

“Niatan mereka sudah ada [jualan], sekarang sedang penjajakan dengan pihak Indonesia dengan harapa deal kerjasamanya. Tapi mereka ingin Giias akan tampil dulu memperkenalkan produk karena mereka tahu Giias jadi baromoetet sangat sayang kalau mereka lewatkan,” tutup Romi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper