Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Incaran Maling! BeAT dan Vario Mudah Dicuri, AHM Buka Suara

PT Astra Honda Motor (AHM) merespons soal Vario dan BeAT yang mudah dicuri dan telah menjadi incaran maling.
Honda Beat Street 2022./Astra Honda
Honda Beat Street 2022./Astra Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Honda Vario dan BeAT disebut sering menjadi incaran maling karena mudah dicuri. Sistem keamanan, khususnya yang masih menggunakan tutup lubang kunci yang tersemat dianggap paling lemah.

PT Astra Honda Motor (AHM) merespons hal tersebut melalui General Manager Corporate Communication, Ahmad Muhibbuddin. Dia mengatakan bahwa motor BeAT dan Vario produksi terkini telah menggunakan sistem keamanan keyless system.

"Harus dikonfirmasi lagi sistem keamanan terbaik itu seperti apa? Karena kalau kita lihat, sistem keamanan yang digunakan motor produksi terkini kurang lebih hampir sama, yaitu keyless system. Demikian juga Vario dan BeAT," kata Muhib, Senin (8/5/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa motor BeAT dan Vario menjadi tipe paling banyak dicuri karena disebabkan oleh faktor populasi yang sangat banyak dibanding tipe motor lainnya. "Jika disebut kedua tipe ini paling banyak dicuri, karena saat ini populasinya memang jauh di atas type motor lain," tambahnya.

Adapun, menurut Muhib, selain mengandalkan sistem pengamanan maka sebaiknya masyarakat juga harus bisa lebih waspada dalam menjaga keamanan sepeda motornya masing-masing.

"Cara terbaik selain mengandalkan sistem pengaman di sepeda motor, kita juga harus lebih waspada dan berhati² dalam menjaga sepeda motor kita. Karena kejahatan bisa datang kapan saja dan dimana saja memanfaatkan kelengahan pemilik," pungkas Muhib.

Diberitakan sebelumnya, Polsek Tambora berhasil meringkus sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) asal Lampung. Model yang dicuri kebanyakan berasal dari pabrikan asal Jepang. 

Berdasarkan hasil pengakuan dari pelaku pencuri sepeda motor (Curanmor), model yang sering dijadikan sasaran adalah Honda Vario, BeAT, sedangkan merek Yamaha adalah Mio dan Nmax.

"Mengapa motor jenis ini? Selain karena jenis kendaraan ini paling banyak digunakan masyarakat, hal ini disebabkan karena jenis kendaraan itulah yang fitur keamanan atau security system kendaraannya paling lemah," kata Kompol Putra Pratama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper