Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berlaku Hari Ini, Daftar 9 Motor Listrik Dapat Subsidi Rp7 Juta

Berikut daftar motor listrik yang dapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta.
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Petunjuk dan teknis program subsidi kendaraan listrik pemerintah akan diluncurkan secara resmi pada hari ini, Senin (20/3/2023). Berikut daftar motor listrik yang bakal dapat subsidi Rp7 juta mulai hari ini.

Terkait hal ini, baru motor listrik yang dipastikan mendapat relaksasi pembelian sebesar Rp7 juta. Program subsidi kendaraan listrik ini dilakukan sebagai langkah awal untuk meningkatkan keterjangkauan harga dan daya beli masyarakat terhadap kendaraan listrik lebih luas dan memicu industri otomotif baru.

Adapun, program bantuan ini hanya berlaku untuk produk motor listrik yang memiliki kandungan lokal atau TKDN hingga 40 persen.

Hingga saat ini terdapat sembilan model dari enam merek yang sudah memenuhi syarat tersebut mulai dari Gesits, Volta, Selis, Smoot, Viar dan terbaru yaitu United yang mengantongi tiga sertifikat sekaligus.

Berikut 9 model motor listrik yang memenuhi syarat mengikuti program subsidi Rp7 juta.

Ini 9 Motor Listrik yang Dapat Subsidi Rp7 Juta:

1. Gesits

Motor listrik merek Gesits memiliki dua model motor listrik, yakni Gesits G1 dan Gesits Raya. Dari dua model tersebut, baru Gesits G1 yang telah memiliki TKDN lebih dari 40 persen.

2. Volta

Volta, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), bagian dari grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), menyatakan telah menggunakan 47,6 persen komponen dalam negeri melalui model Volta 401.

TKDN tersebut tercantum per 23 September 2022 dengan nomor 4648/SJ-IND.8/TKDN/9/2022. Motor listrik Volta ini dibanderol seharga Rp16.950.000.

3. Selis

Selis merupakan motor listrik besutan PT Juara Bike, anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS). Berdasarkan situs informasi P3DN, motor listrik Selis E-Max telah memenuhi tingkat komponen dalam negeri dengan nilai 53,69 persen.

Motor listrik produksi Tangerang itu telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 5034/SJ-IND.8/TKDN/10/2022. Selain itu, produk Selis Agats juga telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 2062/SJ-IND.8/TKDN/3/2023. Nilai TKDN Selis Agats mencapai 53,37 persen.

Selis E-Max dibanderol dengan harga off the road mulai dari Rp15.500.000, sedangkan Selis Agats seharga Rp19.900.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper