Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subsidi Hyundai Ioniq 5 Ganggu Zenix Hybrid dkk, Ini Komentar Toyota Astra

Toyota tetap optimistis harga Innova Zenix Hybrid bersaing meskipun subsidi mobil listrik akan memangkas signifikan pesaing terdekat Hyundai Ioniq 5.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) RI mengungkapkan subsidi mobil listrik untuk Hyundai Ioniq 5 di kisaran Rp70 juta – Rp80 juta. Oleh karenanya, mobil listrik murni ini akan memiliki harga pada level mobil hybrid Toyota, khususnya Kijang Innova Hybrid varian teratas. 

Menanggapi hal ini, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa pasar mobil hybrid Toyota tidak akan terpengaruh seiring Ioniq 5 diguyur subsidi. 

Pasalnya, kata Anton, harga bukan menjadi satu-satunya pertimbangan masyarakat untuk membeli kendaraan. Sebab, pembelian mobil baik BEV atau Hybrid akan berdasarkan pada preferensi dan kebutuhan konsumen yang beragam. 

"Secara dasar antara teknologi BEV dan Hybrid EV atau HEV ini kan detail nya cukup berbeda ya, ada kelebihan dan keterbatasan masing masing dan rasanya harga bukan satu-satunya pertimbangan konsumen," ujar Anton kepada Bisnis, Kamis (16/3/2023).

Sebagaimana diketahui, harga Ioniq 5 setelah diguyur subsidi kendaraan listrik akan menjadi Rp600 juta-an untuk varian terendah. Range harga tersebut dihuni beberapa line up HEV Toyota, di antaranya Kijang Innova varian Hybrid, Corolla Cross GR Sport, dan New C-HR Hybrid. 

Kemudian, Anton juga melihat persaingan pasar mobil listrik ini akan berkembang sesuai permintaan pasar, baik model BEV maupun hybrid pasarnya tidak akan menggerus satu sama lain. 

"Soal persaingan pasar, akan berjalan berkesinambungan sesuai mekanisme pasar saja. Setiap model serta teknologi ini punya segmen dan porsinya masing-masing," tambahnya. 

Singkatnya, kata Anton, dengan adanya program subsidi ini dapat memberikan teknologi bagi masyarakat dalam memilih jenis kendaraan listrik. 

Oleh karena itu, pihak TAM akan selalu memberikan layanan terbaik dari sisi penjualan maupun purna jual untuk jajaran produknya, termasuk mobil listrik. 

"Satu hal yang bisa dipastikan adalah seluruh konsumen Toyota akan mendapatkan dukungan penuh layanan purna jual yang mumpuni pada seluruh model yang dipasarkan Toyota," pungkasnya.

Berikut perkiraan harga Hyundai Ioniq 5 setelah subsidi Rp70 juta :

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range nantinya akan menjadi Rp678 juta
Hyundai Ioniq 5 Prime Long Range Rp719 juta
Hyundai Ioniq 5 Signature Standard Range Rp739 juta harga Ioniq 5 Signature Long Range menjadi Rp789 juta

Harga Mobil Hybrid Toyota :

Kijang Innova Zenix : Rp458 juta - Rp614 juta
Corolla Cross Hybrid GR-Sport : Rp602 juta
C-HR Hybrid : Rp601 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper