Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angka Pengangguran Tinggi, MPMRent Bekali Keterampilan Siswa SMK Otomotif

SMK merupakan penyumbang pengangguran terbesar, keterampilan siswa pun butuh pendampingan dunia bisnis.
Pelatihan vokasi yang dilakukan MPMRent/Istimewa
Pelatihan vokasi yang dilakukan MPMRent/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- PT Mitra Pinasthika Mustika Rent atau MPMRent ikut mengembangkan keterampilan siswa sekolah vokasi lewat program kerja sama dengan SMK. Hal ini merupakan respons perusahaan terhadap tingginya angka pengangguran dari kalangan lulusan SMK.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, masih menempati posisi tertinggi penyumbang pengangguran. Tercatat per Agustus 2022, tingkat pengangguran terbuka mencapai 8,42 juta orang, dari jumlah itu lulusan SMK sebanyak 9,42 persen.

Salah satu upaya MPMRent berkontribusi terhadap pengentasan pengangguran dari lulusan SMK adalah kerja sama dengan sekolah untuk meningkatkan keterampilan siswa. Tercatat, MPMRent telah meneken kerja sama dengan SMK Negeri 2 Palembang penyediaan lapangan pekerjaan dan tempat untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa dan lulusan.

Triatmoko N.J., HRGA & Manpower Business Vice President MPMRent mengatakan inisiatif ini menjadi bentuk kepedulian MPMRent akan kebutuhan lapangan kerja maupun tempat bagi para pelajar SMK tingkat akhir untuk mempraktekkan ilmunya secara langsung.

“Dan kami berikan kesempatan tersebut di MPMRent. Kegiatan ini adalah salah satu program CSR MPMRent dalam bidang Pendidikan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan keterampilan generasi muda SMK agar mampu bersaing memasuki dunia kerja,” ujarnya, dikutip pada Rabu (15/3/2023).

Program yang telah dilaksanakan sejak 2019 ini akan terus dilanjutkan di beberapa kota besar lain dengan SMK unggulan berbasis otomotif, kendaraan ringan dan mesin, serta perguruan tinggi.

Program sosial MPMRent juga meliputi edukasi berkendara kepada para siswa. Pada kesempatan yang sama, MPMRent juga menginisiasi seminar untuk SMK Negeri 2 palembang dengan menghadirkan narasumber dari internal MPMRent dan Satuan Lalu Lintas Poltabes Kota Palembang, dengan tajuk seminar “Safety Riding and Safety Driving: Anak Muda Berkarya Selamat di Jalan Raya”.

Seminar ini memberikan edukasi mengenai pentingnya berkendara aman dan nyaman. Dengan edukasi ini, diharapkan meningkatkan kesadaran pelajar dalam berkendara.

“MPMRent ingin berkontribusi positif dalam setiap kehidupan masyarakat, termasuk membagi ilmu dan keahlian kami dalam berkendara yang baik dan benar dan sadar keamanan lalu lintas," tutup Triatmoko N.J.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper