Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top! Proving Ground Terbesar di Asean Milik RI Rampung Akhir 2023

Proyek Proving Ground terbesar di Asean yang ada di Indonesia ditargetkan rampung akhir 2023 setelah mendapatkan pendanaan dari Jepang.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan paparan pada Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa di kampus UPI, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/8/2018)./JIBI-Rachman
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan paparan pada Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa di kampus UPI, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/8/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan pembangunan Proving Ground atau Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) bakal selesai pada akhir tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat menyaksikan penandatanganan kerja sama antara International Automotive Proving Ground (IIAPG) dengan Japan Bank For International Cooperation (JBIC).

Perlu diketahui, IIAPG merupakan pemenang tender Proving Ground di Bekasi, Jawa Barat, sedangkan JBIC adalah lembaga keuangan Jepang selaku pihak yang mendanai proyek ini. 

“Dengan ditandatanganinya loan agreement hari ini, menjadi langkah yang baik untuk mempercepat proses pembangunan Proving Ground di awal tahun ini dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini,” ujar Budi dalam keterangan resmi, dikutip (2/2/2023).

Menhub menambahkan, kehadiran Proving Ground juga sangat penting untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keselamatan, kemananan, kenyamanan, dan juga rendah emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan.

Tak hanya itu, kehadiran fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri otomotif nasional baik domestik maupun internasional. 

“Pembangunan Proving Ground mempunyai arti yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan produk otomotif baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub berharap, kerja sama pembangunan Proving Ground akan semakin meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin baik selama 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Sebagai informasi, proyek proving ground yang akan dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di kawasan Asean dengan luas area sekitar 80 hektare.

Rencananya, fasilitas proving ground di Bekasi, Jawa Barat itu ditarget dapat melakukan pengujian kendaraan sebanyak 14.319 unit dalam setahun.

Diberitakan sebelumnya, proyek pembangunan proving ground mendapat dukungan dana sebesar Rp882 miliar dari Japan Bank for International Corporation (JBIC).

Kucuran dana tersebut resmi didapatkan setelah penandatanganan loan agreement antara PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) sebagai konsorsium pemegang proyek dengan JBIC pada Rabu (1/3/2023) di Tokyo, Jepang.

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel. Adapun, proyek proving ground Kementerian Perhubungan didanai melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Proyek infrastruktur untuk mendukung sektor transportasi dan industri otomotif ini membutuhkan investasi sebesar Rp2 triliun.

Selain mendapat pembiayaan dari JBIC sejumlah Rp882 miliar, proyek ini juga akan didanai kerjasama dengan lembaga keuangan swasta lainnya, sehingga total pinjaman nanti akan mencapai total Rp1,47 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper