Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bungkam Netizen Julid, Ini Sederet Bukti Mobil Esemka Bukan Produk Gaib

Berikut ini adalah delapan bukti yang telah dirangkum Bisnis.com bahwa Esemka bukan produk gaib.
Mobil baru Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Mobil baru Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha

Bukti mobil Esemka bukan proyek gaib

Penjualan

Salah satu hal yang bisa membuktikan jika Esemka bukan produk dan proyek gaib adalah penjualan.

Diketahui, ada beberapa orang dan organisasi yang telah membeli produk buata perusahaan asal Boyolali yang dulu dipopulerkan oleh Jokowi ini.

Pertama adalah mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan. Jonan pernah memamerkan salah satu mobil Esemka tersebut di garasi rumahnya. 

Eks Dirut PT KAI ini menyebut, dengan membeli langsung mobil Esemka, dirinya ikut berkontribusi mendukung produk mobil nasional untuk kemajuan industri otomotif dalam negeri.

"Saya juga memiliki produk nasional mobil Esemka lho. Mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja," tulis Jonan di akun Instagramnya pada 10 Februari 2022 lalu.

Selain itu, Ignasius Jonan juga pernah menghibahkan 3 Unit Kendaraan Pick Up Bima 1.3, dalam keadaan baru ke marinir.

Acara penghibahan mobil Esemka ini dilakukan pada 30 Januari 2021 dan disaksikan oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono M. Tr (Han).

Bukan hanya Ignasius Jonan, beberapa orang juga tercatat pernah membeli mobil Esemka ini. Mereka antara lain:

1. Pemerintah Desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali yang membeli satu unit mobil pick up Esemka Bima 1.3 untuk menunjang kegiatan usaha Bumdes Kebonan Mandiri.

2. Salah satu vendor PLN di Lampung juga pernah membeli beberapa unit mobil Esemka 1.2.

Esemka Punya Showroom

Selain sudah dibeli beberapa orang, mobil Esemka juga punya showrom, meski hanya satu-satunya di Indonesia.

Showroom mobil Esemka tersebut terletak di Boyolali. Meski demikian, pihak marketing tetap akan melayani pembelian dari kota mana saja.

"Kalau mau beli Esemka kita ada showroom di Boyolali. Ada bagian telpon bisa dikonfirmasi. Untuk Jakarta bisa delivery," kata Eddy di ajang Indonesia International Motor Show IIMS 2023, Jumat (17/2/23).

Sayangnya pembelian mobil Esemka ini hanya berlaku untuk Bima 1.3. Karena mobil lain yang dipajang di IIMS 2023 masih dalam bentuk prototipe.

Berani ikut IIMS 2023

IIMS bukanlah acara sembarangan. Akan tetapi dengan penuh kepercayaan diri, Esemka berani tampil dan memperkenalkan mobil listrik mereka.

Ini membuktikan jika Esemka bukan produk gaib sepeti yang dituduhkan beberapa netizen belakangan ini. Dalam acara tersebut, perusahaan memperkenalkan varian mobil listrik Bima EV.

Kedua varian Esemka Bima EV memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm.

Bima EV Passenger Van diklaim mampu menampung 11 penumpang dan Bima EV Cargo VAN memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper