Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobilnya Sering Dikaitkan dengan Jokowi, Bos Esemka Buka Suara!

Mobil Esemka sering dikaitkan dengan perpolitikan jelang Pilpres 2024 dan Presiden Jokowi.
Mobil baru Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Mobil baru Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk pertama kalinya memamerkan mobilnya pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 16-26 Februari 2023.

Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya mengatakan kehadiran mobil Esemka di IIMS 2023 ini sebagai bentuk pengenalan terkait produk terbarunya yaitu prototipe Bima EV yang terdiri dari varian Cargo Van dan Passenger Van. 

Kehadiran Esemka di IIMS 2023 ini menarik banyak perhatian publik. Pasalnya, produsen mobil asal Boyolali sering dikaitkan dengan perpolitikan jelang Pilpres 2024 dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Eddy pun menegaskan Esemka tidak mempunyai hubungan apapun dengan orang nomor satu di Indonesia. Namun, memang diakui Jokowi yang membantu mendongkrak popularitas mobil lokal tersebut.

"Beliau [Jokowi] dulu pencetus saja. Setop untuk menghubungkan Esemka ke mana-mana," kata Eddy dalam press conference IIMS, Kamis (16/2/2023) 

Adapun, saat pembukaan, Jokowi sempat menjajal mobil lama Esemka yaitu Bima 1.3. Saat ini pun di pameran IIMS, Esemka memperkenalkan prototipe Esemka Bima EV yang terdiri dari varian Cargo Van dan Passenger Van.

Spesifikasi Esemka Bima EV

Kedua varian Esemka Bima EV memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Bima EV Passenger Van diklaim mampu menampung 11 penumpang dan Bima EV Cargo VAN memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm.

Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear. Bima EV juga  dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V.

Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam. Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Mobil listrik Esemka untuk passenger van memiliki kapasitas 11 tempat duduk dan dilengkapi AC double blower. Sedangkan untuk Blind Van Cargo memiliki AC single Blower.

"Esemka percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia melalui adanya target terkait penurunan emisi, serta beberapa kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik, baik yang saat ini sudah ada dan di masa mendatang," ungkap Eddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper