Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Comeback di IIMS 2023, Ini Sepak Terjang Mobil Esemka Kebanggaan Jokowi

Lama tak terdengar, merek mobil buatan Indonesia, Esemka bakal ikut dalam pameran IIMS 2023. Mobil ini juga dikabarkan akan bermain di segmen mobil listrik.
Logo Esemka. /Esemka
Logo Esemka. /Esemka

Tuduhan Impor dari China hingga Kabar Nyemplung di Segmen Mobil Listrik

Dituduh Mobil Impor Utuh dari China

Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya mengkonfirmasi bahwa kabar mobil ESEMKA karya diimpor secara utuh dari China itu tidak benar dan menegaskan mobil Esemka benar-benar karya anak bangsa.

Bahkan, Eddy membeberkan bahwa sebagian besar komponen mobil Esemka dipasok oleh pemasok lokal, seperti di antaranya PT Cikarang Perkasa Manufacturing yang bergerak dalam spesialisasi produk die cast aluminium ini merupakan pemasok komponen blok mesin dan blok transmisi untuk mobil Esemka, khususnya pikap Bima.

Chassis dan bak yang diproduksi oleh PT INKA, dashboard dan setir PT Usra Tampi, radiator PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna, kaca depan PT Armada Indah Agung Glass, ban PT Gajah Tunggal, dan masih banyak lainnya. Alhasil, mobil buatan ESEMKA ini mencapai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sekitar 60 persen.

Kemunculan Mobil Listrik Diduga Milik Esemka

Sebelumnya, berembus kabar PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka akan bermain di segmen mobil listrik untuk pasar Indonesia. Bahkan, foto-foto yang diduga sebagai mobil listrik Esemka beredar luas di grup WhatsApp mulai Kamis (2/2/2023).

Setidaknya ada lima foto yang beredar, terdiri atas Esemka Neta U dan Esemka Neta V. Adapun, mobil listrik tersebut merupakan keluaran Hozon Auto dengan tulisan Esemka.

Hozon Auto sendiri merupakan pabrikan asal China yang berdiri pada 2014 dan mulai mengenalkan mobil listrik konsepnya pada 2017. Model pertama diproduksi satu tahun kemudian, yakni Neta N01.

Namun, kehadiran Neta N01 tak berlangsung lama. Pasalnya, pada 2019, Hozon akhirnya mengeluarkan model baru yang menyerupai sport utility vehicle (SUV), yakni Neta U dan kemudian Neta V dan menghentikan produksi Neta N01 pada 2020.

Pihak Solo Manufaktur Kreasi enggan berkomentar terkait kabar tersebut. 

"Untuk pertanyaan lain nanti akan kita jawab bersama saat pameran nanti," ujar Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya kepada Bisnis, Kamis (2/2/2023).

Adapun, pada laman resmi Esemka, saat ini terdapat dua produk Esemka yang dapat dipilih konsumen, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Esemka Bima 1.2 dilengkapi mesin 1.200cc DOHC. Mesin ini sanggup menghasilkan output 72kW dan torsi 119 Nm. Kapasitas tangki mencapai 40 liter.

Sebagai mobil angkutan niaga yang menyasar segmen usaha kecil menengah (UKM), Bima diklaim memiliki beberapa keunggulan, seperti kargo luas dan kaki-kaki yang mumpuni.

Esemka Bima 1.2 memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Adapun, kargo boks memiliki dimensi panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 460 mm. Daya angkut pikap ini maksimal 880 kilogram.

Sementara itu, Esemka Bima 1.3 dibekali mesin 1.300cc DOHC 16V. Pikap ini memiliki dimensi panjang 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.996 mm. Kargo boks memiliki panjang, 2.970 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 470 mm, serta daya angkut 1.606 kg. Kedua varian Esemka Bima dipasarkan dengan harga Rp95 juta off the road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper