Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerapan B35 Segera, Gaikindo Sebut Bakal Hemat Devisa dan Tekan Emisi

B 35 akan diserap populasi kendaraan diesel yang beroperasi di Indonesia sebanyak 5 juta unit.
Peresmian penerapan B35 di Indonesia/Bisnis-Anshary Madya
Peresmian penerapan B35 di Indonesia/Bisnis-Anshary Madya

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyampaikan bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit B35 dapat menekan emisi gas buang dan pemborosan cadangan devisa.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan industri otomotif sangat menyambut baik keputusan pemerintah yang akan mengimplementasikan B35 pada awal Februari 2023. Pasalnya, penerapan biodiesel dengan campuran solar dan CPO ini dapat menghemat ratusan triliun devisa yang digunakan untuk membeli bahan bakar dari luar negeri.

“Kami di industri otomotif sangat concern mengikuti arahan pemerintah bahwa kondisi emisi gas buang menjadi sangat penting dan juga pemborosan cadangan devisa harus mengimpor BBM yang begitu mahal, maka tadi bahwa dengan penggunaan biodiesel akan menghemat sekian ratus triliun devisa yang tidak dipergunakan yang dibeli dari luar itu adalah hal yang kami coba support terus,” kata Nangoi di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Nangoi juga menjelaskan bahwa saat ini distribusi kendaraan diesel rata-rata berada di kisaran 23 persen dari volume penjualan mobil sebesar 1,05 unit per tahunnya. Dia juga mengatakan populasi kendaraan diesel saat ini sebanyak 5 juta unit dengan rata-rata pemakaian 24 jam, yang artinya penerapan B35 ini diharapkan dapat menekan impor minyak dan tetap memenuhi konsumsi bahan bakar diesel di Tanah Air.

“Dari 1,05 juta unit per tahun kira- kira diesel itu 23 persen, dan saat ini unit operasional dilapangan sudah ada 5 juta kendaraan diesel boleh dikata penggunaan kendaraannya akan lebih lama daripada [jenis] kendaraan lain, karena mereka kebanyakan kendaraan komersial rata-rata dipake 24 jam sehari hari, jadi penggunaan bbm nya luar biasa,” jelasnya.

Sebagai informasi, sebelum dilaksanakannnya peningkatan persentase pencampuran biodiesel dari B30 ke B35, telah dilakukan beberapa persiapan teknis untuk memastikan performa penggunaan campuran BBN.

Salah satunya adalah pengujian pengaruh penggunaan B35 terhadap sistem filtrasi mesin diesel dengan hasil tidak terjadi indikasi pemblokiran filter pada pengujian filter blocking tendency (FBT) maupun pengujian filter rig test.

Hasilnya, tidak ada pengaruh signifikan atas penggunaan B35 karena telah dilakukan perbaikan pada spesifikasi biodiesel yang digunakan untuk campuran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper