Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penjualan Nissan September 2022 Anjlok, Ini Penyebabnya

PT Nissan Motors Distributor Indonesia (NMDI) mengungkapkan penyebab penurunan penjualan mobil Nissan pada September 2022.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 17 Oktober 2022  |  18:10 WIB
Penjualan Nissan September 2022 Anjlok, Ini Penyebabnya
Nissan Indonesia mulai membuka pesanan untuk mobil listrik Nissan Leaf. - Nissan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nissan menorehkan catatan negatif pada kinerja penjualan September 2022. Penjualan mobil Nissan mengalami penurunan secara wholesales sebesar 28,3 persen dan ritel 26,5 persen pada September 2022 jika dibandingkan Agustus 2022.

Head of Marketing Communication PT Nissan Motors Distributor Indonesia (NMDI), Julian Olmon mengatakan bahwa penyusutan penjualan diakibatkan permasalah cip global yang membuat pasokan Nissan menjadi terkendala.

Selain itu, Julian juga menyebut bahwa NMDI sempat terbagi fokus dengan pemasaran produk elektrifikasi yang baru diluncurkannya pada Agustus lalu, yakni Nissan Leaf dan unit hybrid Nissan Kick e-Power yang sudah diluncurkan pada September 2020.

“Tahun ini kami terfokus untuk memasarkan produk elektrifikasi [Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-Power] dan kendala permasalahan cip di global yang membuat supply kita terganggu,” kata Julian saat dihubungi Bisnis, Senin (17/10/2022).

Adapun, penjualan wholesales secara year on year (yoy) dari Januari-September 2022 menurun 0,2 persen dari periode yang sama tahun lalu, sedangkan penjualan secara ritel juga menurun 43 persen dari 5.317 unit menjadi 3.033 unit.

NMDI menyikapi penjualan yang menurun dengan fokus pada pemenuhan permintaan konsumen terlebih dahulu dan tetap konsisten memasarkan produk elektrifikasi, yakni Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER di sisa akhir 2022.

“Saat ini kami terfokus untuk bisa memenuhi permintaan konsumen terlebih dahulu dan juga tetap konsisten dalam memperkenalkan produk elektrifikasi [Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-Power] kami,” ujar Julian.

Sebagai informasi, secara penjualan wholesales pasar otomotif nasional dari Januari sampai September 2022 telah mencapai 758.216 atau meningkat 20.8 persen, yang artinya angka ini sudah mendekati penjualan yang sudah ditargetkan Gaikindo, yakni 900.000 unit pada akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nissan penjualan mobil mobil
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top