Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow! Sony-Honda Bersiap Luncurkan Kendaraan Listrik Premium pada 2026

Perusahaan patungan Honda dan Sony, Sony Honda Mobility Inc akan meluncurkan kendaraan listrik premium pada 2026 mendatang
Logo Honda/Reuters-Michael Caronna
Logo Honda/Reuters-Michael Caronna

Bisnis.com, JAKARTA – Sony Group Corp dan Honda Motor Co siap melakukan kolaborasi untuk memproduksi kendaraan listrik premium yang akan meluncur pada 2026 mendatang.

Dilansir bloomberg.com pada Kamis (13/10/2022), Senior Managing Executive Officer Honda Yasuhide Mizuno mengatakan perusahaan patungan Sony dan Honda ini akan meluncurkan kendaraan listrik premium mereka di Amerika Utara pada paruh pertama 2026, sedangkan untuk Jepang pada paruh kedua 2026.

“Perusahaan akan mengirimkan mobil ke pelanggan di Amerika Utara pertama pada tahun 2026, dengan pengiriman di Jepang akan datang pada paruh kedua tahun 2026,” ujar Yasuhide saat konferensi pers, Kamis (13/10/2022).

Lokasi pabrik produksi akan berada di salah satu dari 12 fasilitas Honda di Amerika Utara, namun untuk rincian seperti harga, platform, dan jenis baterai yang akan digunakan tidak dijelaskan secara detail.

Dari perusahaan patungan bernama Sony Honda Mobility Inc ini, Sony mengharapkan kemitraan ini dapat memberikan akses pada keahlian Honda yang sudah terjun selama puluhan tahun di bidang manufaktur, penjualan, dan servis mobil.

Sementara itu, Honda mengharapkan timbal balik berupa pengetahuan mitranya dalam hiburan, jaringan, dan sensor untuk kendaraan otonom.

Dengan demikian, kedua belah pihak optimis dapar bersaing dengan perusahaan yang sudah terjun lebih dulu pada sektor ini, seperti Tesla dan Volkswagen AG hingga perusahaan baru seperti Xiaomi Corp dari China dan Foxconn Technology Group Taiwan

“Kami ingin membuat tim yang dapat bersaing di pasar otomotif, software kami akan menjadi kekuatan, dibandingkan dengan saingan EV kami,” jelas Chief Operating Officer Sony Honda Mobility, Izumi Kawanishi.

Sebelumnya, Sony dan Honda setuju untuk mendirikan usaha patungan 50-50, dengan gagasan untuk menyatukan keahlian Honda di bidang otomotif, teknologi mobilitas, dan penjualan yang akan digabungkan dengan keahlian teknologi, jaringan, sensor, dan hiburan milik Sony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper