Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diklaim Produksi Lokal, TKDN Resmi Wuling Air Ev dan Ioniq 5 Capai 40 Persen

Wuling Air ev maupun Hyundai Ioniq 5 sama-sama mengantongi nilai TKDN di kisaran 40 persen berdasarkan sertifikat yang diterbitkan Kemenperin.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 07 September 2022  |  17:42 WIB
Diklaim Produksi Lokal, TKDN Resmi Wuling Air Ev dan Ioniq 5 Capai 40 Persen
Interior Ioniq 5 BEV. - hYUNDAI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Proyek pengembangan mobil listrik di Indonesia kian semarak seiring kehadiran berbagai produk dari berbagai prinsipal, salah duanya adalah Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5. Bahkan keduanya digadang-gadang sebagai pionir industri mobil listrik di Indonesia sejalan dengan rencana lokalisasi produk.

Teranyar, PT SGMW Motor Indonesia memamerkan langsung mobil listrik mini Wuling Air ev pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang dihelat pada pertengahan Agustus kemarin.

Bahkan, Wuling Air ev ini tampil memukai dengan menyandang status mobil listrik yang dibanderol di kisaran di bawah Rp300 jutaan. Secara tampilan, Wuling Air ev mencerminkan tren mobilitas futuristik, berbasis listrik dan berbodi mungil.

Tidak sampai di situ, Wuling Air ev inipun diperkenalkan sebagai produk mobil listrik yang siap diproduksi di Indonesia. Lantas berapa Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang terkandung dalam Wuling Air ev untuk menegaskan predikat produk lokal tersebut?

Berdasarkan situs tkdn.kemenperin.go.id, PT SGMW Motor Indonesia telah mengantongi dua sertifikat TKDN. Keduanya tertera untuk kendaraan berbasis listrik Wuling Air ev, yang menerangkan nilai TKDN sebesar 40,4 persen yang telah diverifikasi PT Surveyor Indonesia.

Sementara, Hyundai Ioniq 5 yang sama menyandang status sebagai produk mobil listrik dibesut di Indonesia telah meluncur secara resmi pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada Maret lalu.

Ioniq 5 merupakan model mobil crossover listrik. Banderol harga Ioniq 5 berada pada rentang Rp718 juta hingga Rp829 juta.

Berdasarkan data situs yang sama, Ioniq 5 terdaftar atasnama perusahaan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Berdasarkan informasi sertifikat TKDN, Ioniq 5 memiliki nilai 49,0 persen yang telah diverifikasi PT Surveyor Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top