Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GIIAS 2022, Ini Spesifikasi Mobil Listrik Kia EV6 yang Dijajal Airlangga

Kia EV6 yang dijajal Menko Perekonomia Airlangga Hartarto menjadi satu-satunya mobil listrik dari Kia di GIIAS 2022.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  12:44 WIB
GIIAS 2022, Ini Spesifikasi Mobil Listrik Kia EV6 yang Dijajal Airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjajal mobil listrik KIA EV6 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Kamis (11/8/2022) - BISNIS - Khadijah Shahnaz.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi membuka gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Kamis (11/8/2022).

Usai membuka pameran tersebut, Airlangga langsung mengunjungi area pameran dan menjajal mobil listrik dari produsen asal Korea Selatan yaitu Kia EV6. 

Mobil listrik dari Korea Selatan ini pertama kali hadir di Indonesia pada ajang GIIAS 2022. Mobil ini pun menjadi satu-satunya mobil listrik dari Kia. 

Kia EV6 pun bisa dikatakan menjadi rival saudaranya sendiri yaitu Hyundai Ioniq 5. Kia EV6 hadir dalam 5 varian, masing-masing tipe memiliki output yang berbeda. Misal, untuk Light penggerak roda belakang (RWD) mampu mengeluarkan 167 hp dan torsi 350 Nm. 

Kemudian Wind penggerak belakang (RWD) dan seluruh roda (e-AWD) di angka 225 hp dengan torsi 350 Nm. Sementara itu, untuk GT-Line penggerak belakang (RWD) dan seluruh roda (e-AWD) menghasilkan tenaga yang lebih masif yaitu 320 hp dan pendorong akselerasi 605 Nm.

Mobil ini juga tersedia dalam dua jenis paket baterai, yakni paket baterai standar 58 kilowatt hour(kWh) dan baterai 77,4 kWh jarak jauh. Model 58 kWh dan 77,4 kWh masing-masing dapat menempuh jarak hingga 370 kilometer dan 475 km, dengan sekali pengisian daya.

Diberitakan sebelumnya, dalam sambutannya, Menko Airlangga mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II/2022 yang tumbuh 5,44 persen ini dibantu oleh sektor otomotif. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan pasar kendaraan bermotor.

"Di mana rasio kendaraaan kita itu 99 per 1.000 orang, jadi sektor ini masih bisa terus tumbuh," kata Airlangga dalam sambutannya di pembukaan GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Dia juga menambahkan selain industri otomotif, industri alat angkut tumbuh signfikan di kuartal II/2022 sebesar 72,3 persen dan berkontribusi terhadap PBB nasional 1,35 persen.

Untuk diketahui, total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial hadir pada gelaran GIIAS 2022, beberapa di antaranya akan membawa kendaraan listrik mereka, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Selain itu, lebih dari dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir; Adiputro, Laksana, Tentrem.

Merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini seperti Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menyatakan industri otomotif Indonesia mendukung penuh langkah pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia, salah satunya dengan memastikan kehadiran GIIAS 2022 untuk memberikan edukasi dan membangun dukungan masyarakat kepada kendaraan berbasis listrik.

“Gelaran GIIAS 2022 akan memberikan informasi dan edukasi mengenai ekosistem kendaraan listrik melalui berbagai program, salah satunya EV Test Track," ujarnya.

Di hari pertama, lebih dari 30 kendaraan model baru akan diluncurkan di GIIAS 2022. Pada acara Press Day yang akan berlangsung sejak pukul 12.00 – 18.20 WIB, seluruh peserta kendaraan penumpang dan komersial akan memanfaatkan waktu tersebut untuk memperkenalkan teknologi dan produk terkini mereka untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GIIAS 2022 gaikindo giias airlangga hartarto kia Mobil Listrik
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top