Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Buka GIIAS 2022, Menko Airlangga: Terima Kasih Otomotif

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah resmi dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Kamis (11/8/2022).
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  11:27 WIB
Resmi Buka GIIAS 2022, Menko Airlangga: Terima Kasih Otomotif
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjajal kendaraan yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang pada Kamis (11/8/2022) - BISNIS - Annasa Rizki Kamalina.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Kamis (11/8/2022).

Dalam sambutannya, Menko Airlangga mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II/2022 yang tumbuh 5,44 persen ini dibantu oleh sektor otomotif. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan pasar kendaraan bermotor.

"Di mana rasio kendaraaan kita itu 99 per 1.000 orang, jadi sektor ini masih bisa terus tumbuh," kata Airlangga dalam sambutannya di pembukaan GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022)

Politikus Partai Golkar tersebut juga menambahkan selain industri otomotif, industri alat angkut tumbuh signfikan di kuartal II/2022 sebesar 72,3 persen dan berkontribusi terhadap PBB nasional 1,35 persen.

Usai meresmikan pembukaan GIIAS 2022, Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang langsung mengunjungi seluruh area pameran GIIAS 2022, mulai dari peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan area industri pendukung.

Total ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang berpartisipasi pada gelaran GIIAS 2022. Dari sejumlah merek tersebut, beberapa di antaranya akan memamerkan kendaraan listrik mereka. Sejumlah merek yang akan berpatisipasi yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.  

Selain itu, ada lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir Adiputro, Laksana, Tentrem.

Merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini yaitu Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto. 

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan pihaknya dan industri otomotif Indonesia mendukung penuh langkah pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri KBLBB di Indonesia, salah satunya dengan memastikan kehadiran GIIAS 2022 untuk memberikan edukasi dan membangun dukungan masyarakat kepada kendaraan berbasis listrik.

“Gelaran GIIAS 2022 akan memberikan informasi dan edukasi mengenai ekosistem kendaraan listrik melalui berbagai program, salah satunya EV Test Track.” ujar Nangoi pada keterangan resmi Kamis (11/8/2022).

Di hari pertama, lebih dari 30 kendaraan model baru akan diluncurkan di GIIAS 2022. Pada acara Press Day yang akan berlangsung sejak pukul 12.00 – 18.20 WIB, seluruh peserta kendaraan penumpang dan komersial akan memanfaatkan waktu tersebut untuk memperkenalkan teknologi dan produk terkini mereka untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GIIAS 2022 airlangga hartarto Pameran Otomotif
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top