Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GIIAS 2022, Gaikindo: TKDN Produk Lokal Tembus 80 Persen

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengklaim seluruh produksi lokal telah menyerap 80 persen komponen dalam negeri.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  13:13 WIB
GIIAS 2022, Gaikindo: TKDN Produk Lokal Tembus 80 Persen
Booth Toyota di GIIAS 2022 yang akan diselenggarakan pada 11 Agustus sampai dengan 21 Agustus 2022 / Dok. PT Toyota Astra Motor (TAM).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi menggelar Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS untuk ke-29 kalinya yang pada kali ini bertajuk Future is Bright.

Pameran otomotif bertaraf internasional terebut telah dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator bidang Perkonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan turut mendukung substitusi impor melalui penggunaan bahan baku yang didominasi produk lokal.

“Industri otomotif Indonesia terus mendorong penggunaan komponen dalam negeri, paling penting untuk mengurangi impor dan mendorong menilai ekspor, baik CBU maupun komponen. Saat ini berbagai jenis kendaraan bermotor yang diproduksi di Indonesia telah memiliki kandungan lokal 30-80 persen,” ujarnya dalam sambutan pembukaan GIIAS, Kamis (11/8/2022).

Melihat kinerja ekspor kendaraan bermotor, Yohannes menyampaikan bahwa sepanjang Juni hingga Juli 2022 total ekspor CBU mencapai 242.201 unit serta jutaan CKD serta komponen.

“Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya tetcatat kenaikan angka ekspor CBU sebesar 45,8 persen,” lanjutnya.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, Saat ini produk kendaraan bermotor yang diproduksi oleh anggota Gaikindo telah menerapkan standar emisi gas buang sebagai bentuk nyata mendukung progam pemerintah Mencapai net zero emiision kendaran bermotor listrik berbasis baterai.

Maka sejak 2022 beberapa anggota Gaikindo telah mulai memproduksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau electric vehicle (EV).

“Melalui GIIAS, Gaikindo menggelorakan semangat menuju masa depan yang cerah sejalan dengan tema GIIAS tahun ini the future is bright. Kami akan terus mendorong pencapaian industri otomotif dan menjadi pembuka akses pasar global, memaksimalkan kapasitas produksi dan menjadikan Indonesia sebagai industri otomotif terbesar di Asia Tenggara,” tutupnya.

Usai meresmikan pembukaan GIIAS 2022, Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang mengunjungi seluruh area pameran GIIAS 2022, mulai dari peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan area industri pendukung.

Total ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang berpartisipasi pada gelaran GIIAS 2022. Dari sejumlah merek tersebut, beberapa di antaranya akan memamerkan kendaraan listrik mereka. Sejumlah merek yang akan berpatisipasi yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GIIAS 2022 giias gaikindo Gaikindo otomotif industri otomotif Komponen Otomotif
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top