Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hingga Lahirkan Air ev, Total Investasi Wuling Capai US$1 Miliar

Total investasi sebesar US$1 miliar itu dikucurkan Wuling sejak 2015 hingga melokalisasi mobil listrik mini Wuling Air ev.
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. /Wuling
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. /Wuling

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Negeri Tirai Bambu, Wuling telah merealisasikan investasinya di Indonesia senilai US$1 miliar untuk membangun pabrik dan meluncurkan 6 jenis kendaraan di Indonesia termasuk kendaraan listrik Air ev. 

Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong mengatakan pada saat pertama kali berkunjungan ke Indonesia pada 2015, perwakilan Wuling langsung memantapkan investasi. Pihaknya langsung memutuskan membangun pabrik di atas lahan seluas 60 hekatar yang terletak di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat.

Dengan mengaplikasikan global manufacturing system (GMS), Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Pabrik tersebut didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan.

Fasilitas tersebut terdiri atas press shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih. Body shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat.

Kemudian ada paint shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan. General assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dan area terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen.

Didukung oleh fasilitas yang dilengkapi dengan beragam teknologi modern, pabrik Wuling di Indonesia memiliki kompetensi untuk memproduksi tidak hanya mobil dengan mesin pembakaran internal, tetapi juga mobil listrik.

Dia menuturkan, sejak pertama kali menanamkan investasinya di Indonesia pada 2015 silam, pihaknya telah berhasil melahirkan 6 varian produk mobil di Indonesia.

"Total investasi Wuling melebihi US$1 miliar dan total jenis produk yang dibuat sebanyak 6 produk. Wuling telah memperkerjakan lebih dari 10.000 karyawan. Jika dilihat dari penjualan dan pangsa pasar sudah menjadi nomor 6 dan menjadikan Wuling yang cukup berperan di pasar otomotif Indonesia," ujarnya di pabrik Wuling, Cikarang, Senin (8/8/2022).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dalam peluncuran produksi perdana Wuling Air ev telah seluruhnya diproduksi di pabrik yang telah diinvestasikan Wuling hingga Rp15 triliun.

Menurutnya, sektor industri alat angkut merupakan salah yang berperan besar untuk perputaran ekonomi di dalam negeri. Pasalnya, sektor tersebut telah berhasil tumbuh sebesar 7,73 persen selama kuartal II/2022 dan menjadi kontributor yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Di samping itu, industri otomotif menjadi penyumbang ekspor yang memiliki kinerja moncer di tengah pandemi Covid-19.

"Ini sudah sepenuhnya diproduksi di pabrik ini, pabrik yang sekitar Rp15 triilun investasinya dan sudah pekerjaan 10.000 tenaga kerja," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper