Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airlangga Targetkan RI Bisa Produksi 3 Juta Kendaraan Listrik

Menko Airlangga menyebutkan target produksi kendaraan listrik di Indonesia mencapai 3 juta unit hingga 2030.
Maria Yuliana Benyamin
Maria Yuliana Benyamin - Bisnis.com 26 Juli 2022  |  20:38 WIB
Airlangga Targetkan RI Bisa Produksi 3 Juta Kendaraan Listrik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dengan CEO Mitsubishi Motor Compang (MMC) Takao Kato di Jepang, Senin (25/7/2022) - BISNIS - Maria Yuliana Benyamin

Bisnis.com, TOKYO - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan peluang industri kendaraan listrik Indonesia dengan target produksi 3 juta unit pada 2030.

Pemerintah, lanjutnya, terus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia melalui penyusunan peta jalan, pemberian berbagai insentif, hingga pengembangan ekosistem di Indonesia, melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 27/2020.

"Targetnya, produksi EV pada 2030 dapat mencapai 600.000 unit untuk roda empat atau lebih, dan untuk roda dua dapat mencapai hingga 2,45 juta unit," ujarnya, Selasa (26/7/2022).

Dia optimistis produksi kendaraan listrik tersebut mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua.

Pemerintah telah memberikan berbagai insentif fiskal dan non-fiskal bagi konsumen EV, seperti pengenaan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah PPnBM sebesar 0 persen, melalui Peraturan Pemerintah No. 74/2021.

“Dukungan pemerintah ini diharapkan mendorong potensi besar Indonesia dalam industri mobil listrik mengingat cadangan besar tambang nikel di Indonesia sebagai bahan utama baterai mobil listrik," ujarnya.

Adapun, produksi kendaraan listrik merupakan salah satu strategi permintaan (demand) yang disusun untuk menuju karbon netral.

Indonesia berkomitmen untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 serta Nationally Determined Contributions (NDCs) pengurangan emisi karbon 29 persen pada 2030. Pemerintah telah membuat Road Map untuk mencapai net target tersebut hingga 2060.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto Kendaraan Listrik kemenko perekonomian Mobil Listrik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top