Beli Mobil Bekas: Pilih DP Rendah atau Cicilan Rendah? Ini Pertimbangannya

Tips & trick membeli mobil bekas
Foto: Dok. TRAC
Foto: Dok. TRAC

Bisnis.com, JAKARTA – Lebih Untung Mana, DP Rendah atau Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas? Pertanyaan ini sering muncul ketika Anda berencana atau memutuskan membeli mobil baru ataupun mobil bekas. 

Merujuk pada data perusahaan pembiayaan, nampak bahwa 50 persen pembelian mobil bekas di Tanah Air dilakukan secara kredit. Pilihan membeli mobil secara kredit, tentunya mempertimbangkan kemampuan finansial konsumen. 

Hal ini membuat pertanyaan uang muka atau down payment (DP) rendah atau cicilan rendah muncul. Lantas lebih baik yang mana, DP rendah atau cicilan rendah? Berikut ini kelebihan dan kekurangan membeli mobil dengan skema DP rendah dan cicilan rendah. 

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil DP Rendah 

Jika memilih DP rendah, berikut ini kelebihannya: 

1.      Dengan menyiapkan budget lebih kecil, Anda bisa langsung membawa pulang mobil. Artinya secara waktu, kamu tidak perlu menunggu lama untuk DP.

2.     Anda akan mempunyai dana cadangan darurat. Dana yang sudah ditabung tidak digunakan 100% hanya untuk bayar DP saja, sehingga jika muncul kebutuhan mendesak, tidak perlu repot mencari pinjaman.

Selanjutnya, berikut kekurangan DP rendah:

 1.      Suku bunga lebih tinggi. Semakin kecil nilai DP yang dibayarkan, maka suku bunga yang dikenakan dealer atau perusahaan justru lebih besar. Hal ini berlaku juga sebaliknya. Semakin besar nilai DP yang dibayarkan, maka suku bunga yang dikenakan lebih rendah.

2.     Cicilan lebih besar. Nilai cicilan bulanan yang harus dibayarkan pembeli akan mengikuti besaran suku bunga di atas. 

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Cicilan Rendah 

Jika Anda memilih membeli mobil dengan target cicilan rendah, berikut ini kelebihannya: 

1.      Beban tanggungan bulanan rendah. Pasalnya, besaran cicilan ringan, jadi setiap bulannya biaya yang harus disiapkan juga lebih ringan. Cocok bagi Anda yang kebutuhan bulanannya banyak, seperti harus bayar cicilan rumah, uang sekolah anak, dan lainnya.

2.     Anda memiliki dana cadangan setiap bulannya jika mobil yang Anda beli harus mampir ke bengkel. 

Berikut kekurangan membeli mobil dengan cicilan rendah: 

1.      Anda harus menyiapkan dana lebih banyak karena DP yang dibayarkan lebih besar. Anda juga harus lebih lama dan banyak menabung agar sanggup membayar uang muka yang disepakati.

2.     Kredit cenderung lebih cepat disetujui. Hal ini tidak bisa dianggap mutlak, karena proses pengajuan kredit mobil biasanya juga mempertimbangkan hal lain seperti kemampuan finansial Anda. Jika memilih untuk mengambil opsi ini,  Anda dianggap mempunyai posisi keuangan yang lebih stabil. 

Dengan mempertimbankan kelebihan dan kekurangan DP rendah atau cicilan rendah, dapat disimpulkan bahwa kedua skema pembelian mobil bekas ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Menjawab pertanyaan mana yang lebih baik antara cicilan ringan atau DP ringan, jawabannya tergantung pada kemampuan diri sendiri. Anda perlu mengukur kondisi finansial dan kemampuan saat ini sebelum memutuskan alternatif yang dipilih. 

Untuk membeli mobil bekas dengan DP rendah ataupun cicilan ringan, Anda bisa  membeli di mobil88. Selain tawaran alternatif cicilan ringan atau DP ringan, mobil bekas yang dipasarkan mobil88 juga dipastikan berkualitas, bebas tabrakan, bukan bekas banjir, serta bukan bekas tindak kejahatan. 

Sebagai tambahan, mobil88 juga sudah memiliki platform digital terbaru mo88i (baca : mobi). Lewat aplikasi ini, Anda bisa cek stok mobil atau jual mobil lama kamu dengan sangat mudah secara online

Segala segala transaksi dijamin aman karena ini adalah platform digital ini langsung dikelola oleh mobil88. Tambah lagi, mo88i juga menyediakan fitur simulasi kredit di mana Anda bisa memilih opsi pembelian sesuai kebutuhan DP rendah atau cicilan rendah sesuai dengan kebutuhan. 

Fitur simulasi kredit ini terintegrasi dengan perusahaan pembiayaan sehingga proses pengajuan kredit lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa tukar tambah apapun merek dan tipe mobil lama kamu di mo88i. 

Proses pengajuan pun tergolong cepat, hanya dalam waktu 1 jam, Anda sudah bisa tukar tambah mobil lama dengan mobil yang baru. Demikian pertimbangan membeli mobil bekas dengan pilihan DP rendah atau cicilan rendah. 

Tertarik melihat mobil ber-DP rendah? Yuk cek disini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper