Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembatasan Pertalite, Ini Alasan Mobil Harus Konsumsi BBM Beroktan Tinggi

Di tengah kebijakan pembatasan konsumsi Pertalite, konsumen harus menyadari BBM dengan angka oktan tinggi memang dimiliki oleh bahan bakar non subsidi sehingga harganya relatif mahal, seperti Pertamax.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  15:38 WIB
Pembatasan Pertalite, Ini Alasan Mobil Harus Konsumsi BBM Beroktan Tinggi
Ilustrasi konsumsi BBM untuk kendaraan bermotor - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - BBM beroktan tinggi adalah pilihan bijak supaya mesin kendaraan tetap awet. Sebaliknya, biasanya jika kendaraan menggunakan bahan bakar beroktan rendah akan menimbulkan asap dari knalpot yang begitu pekat.

BBM dengan angka oktan tinggi memang dimiliki oleh bahan bakar non subsidi sehingga harganya relatif mahal, seperti Pertamax. Kendati begitu, penggunaan BBM jenis ini bukan saja membuat kendaraan lebih awet, tetapi memberikan lebih banyak manfaat lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat mobil menggunakan BBM beroktan tinggi, di antaranya:

1.       Lebih Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan BBM beroktan tinggi, mesin kendaraan akan mencerna dengan lebih baik sehingga pembakaran jadi sempurna. Hasilnya, asap yang keluar jadi lebih ramah lingkungan.

Selain itu, terdapat beberapa kandungan di BBM beroktan tinggi yang tidak dimiliki oleh bahan bakar beroktan rendah, yakni olefin, aromatik, hingga kadar benzena yang rendah. Tiga hal tersebutlah yang membuat BBM oktan tinggi akan membuat mesin lebih optimal dalam melakukan pembakaran.

2.       Kinerja Mesin Lebih Enteng

Saat mesin kendaraan lebih mudah mencerna bahan bakar, tentu saja akan berdampak pada kinerja mesin itu sendiri terutama yang paling terasa adalah bagaimana performa kendaraan saat dijalankan.

Ketika menggunakan BBM beroktan tinggi, biasanya tarikan mesin akan lebih ringan dibanding ketika memakai BBM beroktan rendah. Dengan demikian, pengguna kendaraan akan lebih nyaman sehingga perjalanan yang ditempuh akan semakin lancar.

3.       Memperpanjang Umur Mesin

Manfaat lainnya dari penggunaan BBM oktan tinggi adalah terjadinya optimalisasi kinerja mesin. Saat mesin bisa bekerja dengan baik otomatis setiap komponen mesin lebih terjaga kondisinya. Secara tidak langsung, umur mesin juga akan lebih panjang dibanding ketika menggunakan BBM dengan nilai oktan rendah.

4.       Jarak Tempuh Semakin Jauh

Power kendaraan yang lebih terjaga akan mempengaruhi bagaimana laju kendaraan. Bagi kamu yang suka berkendara jarak jauh, hal ini tentu akan memberikan manfaat yang menyenangkan.

Sebab, ketika tarikan mesin jadi enteng dan umur mesin lebih panjang, tentu saja dampaknya juga terjadi pada jarak tempuh kendaraan yang semakin jauh.

5.       Lebih Ramah Kantong

Selanjutnya manfaat BBM oktan tinggi yang mungkin lebih banyak disukai orang adalah mampu menghemat pengeluaran.

Tidak dipungkiri bila dibandingkan dengan BBM subsidi, BBM dengan oktan tinggi memang lebih mahal. Akan tetapi, ketika menggunakan BBM oktan tinggi tentu saja berdampak pada mesin yang lebih bersih, berumur panjang, hingga berujung pada biaya kontrol mesin yang pastinya akan berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertalite BBM Pertalite Harga BBM BBM bbm subsidi bbm bersubsidi subsidi bbm tips
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top