Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Maps Punya Fitur Cek Tarif Tol, Ini Simulasi Penggunaannya

Google Maps menyediakan fitur pengecekan tarif tol yang bersifat estimasi. Artinya, tarif tol yang nantinya akan dibayar saat perjalanan bisa jadi berbeda dengan yang diperkirakan pada fitur baru tersebut.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  09:47 WIB
Ilustrasi tampilan fitur tarif tol pada Google Maps - Bisnis/Dany Saputra
Ilustrasi tampilan fitur tarif tol pada Google Maps - Bisnis/Dany Saputra

Bisnis.com, JAKARTA- Pengendara mobil saat ini sudah bisa mengecek tarif tol menggunakan salah satu aplikasi Google, yakni Google Maps. Aplikasi tersebut kini sudah menyediakan rincian informasi biaya yang dibutuhkan ketikan melewati jalan tol.

Untuk diketahui, penyediaan fitur baru tersebut diumumkan oleh Google melalui akun Twitter resmi @googlemaps, Senin (13/6/2022).

"Berikut fitur baru ini untuk anda yang merencanakan perjalanan. Kini, ketika merencanakan perjalanan panjang maupun pendek, anda bisa mengecek estimasi tarif tol sebelum memilih rute," tulis Google, dikutip Kamis (23/6/2022).

Seperti yang disampaikan, tarif tol yang diinformasikan oleh Google Maps bersifat estimasi atau perkiraan saja. Artinya, tarif tol yang nantinya akan dibayar saat perjalanan bisa jadi berbeda.

Bisnis mencoba menggunakan fitur baru tersebut untuk menuju dari daerah Jakarta Barat menuju Bekasi, Jawa Barat. Terdapat dua rute menggunakan jalan tol yang ditampilkan pada tampilan peta rute yakni dengan tarif Rp17.500 dengan lama perjalanan 1 jam 23 menit, serta Rp24.500 dengan durasi 1 jam 22 menit. (lihat gambar kiri)

Informasi tarif juga ditunjukkan pada tampilan detail informasi rute yakni seharga Rp17.500, dengan keterangan bahwa harga bersifat estimasi (lihat gambar kanan). Informasi lain pada tampilan detail rute turut ditampilkan yakni kondisi lalu lintas dan lain-lain.

Berikut cara menggunakan fitur informasi tarif tol pada Google Maps:

1. Buka aplikasi Google Maps;

2. Tentukan awal perjalanan dan tujuan perjalanan yang hendak dilakukan;

3. Pilih opsi perjalanan menggunakan mobil;

4. Untuk mendapatkan informasi tarif tol, pastikan fitur tersebut sudah diaktifkan dengan sebelumnya menuju ke menu Setelan -Navigasi- lalu aktifkan pilihan "lihat tarif kartu tol" di bagian bawah;

5. Nantinya, akan ada beberapa opsi jalan yang bisa ditempuh oleh pengendara, termasuk saat hendak melakukan perjalanan menggunakan jalan tol;

6. Dalam keterangan jalan, akan muncul juga estimasi biaya tol yang harus dibayar penggemudi ketika ingin lewat gerbang jalan bebas hambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol google google inc tol tarif tol tol cikampek tol trans sumatra tol trans jawa google maps
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top