Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Maps Punya Fitur Cek Tarif Tol, Ini Simulasi Penggunaannya

Google Maps menyediakan fitur pengecekan tarif tol yang bersifat estimasi. Artinya, tarif tol yang nantinya akan dibayar saat perjalanan bisa jadi berbeda dengan yang diperkirakan pada fitur baru tersebut.
Ilustrasi tampilan fitur tarif tol pada Google Maps/Bisnis-Dany Saputra
Ilustrasi tampilan fitur tarif tol pada Google Maps/Bisnis-Dany Saputra

Bisnis.com, JAKARTA- Pengendara mobil saat ini sudah bisa mengecek tarif tol menggunakan salah satu aplikasi Google, yakni Google Maps. Aplikasi tersebut kini sudah menyediakan rincian informasi biaya yang dibutuhkan ketikan melewati jalan tol.

Untuk diketahui, penyediaan fitur baru tersebut diumumkan oleh Google melalui akun Twitter resmi @googlemaps, Senin (13/6/2022).

"Berikut fitur baru ini untuk anda yang merencanakan perjalanan. Kini, ketika merencanakan perjalanan panjang maupun pendek, anda bisa mengecek estimasi tarif tol sebelum memilih rute," tulis Google, dikutip Kamis (23/6/2022).

Seperti yang disampaikan, tarif tol yang diinformasikan oleh Google Maps bersifat estimasi atau perkiraan saja. Artinya, tarif tol yang nantinya akan dibayar saat perjalanan bisa jadi berbeda.

Bisnis mencoba menggunakan fitur baru tersebut untuk menuju dari daerah Jakarta Barat menuju Bekasi, Jawa Barat. Terdapat dua rute menggunakan jalan tol yang ditampilkan pada tampilan peta rute yakni dengan tarif Rp17.500 dengan lama perjalanan 1 jam 23 menit, serta Rp24.500 dengan durasi 1 jam 22 menit. (lihat gambar kiri)

Informasi tarif juga ditunjukkan pada tampilan detail informasi rute yakni seharga Rp17.500, dengan keterangan bahwa harga bersifat estimasi (lihat gambar kanan). Informasi lain pada tampilan detail rute turut ditampilkan yakni kondisi lalu lintas dan lain-lain.

Berikut cara menggunakan fitur informasi tarif tol pada Google Maps:

1. Buka aplikasi Google Maps;

2. Tentukan awal perjalanan dan tujuan perjalanan yang hendak dilakukan;

3. Pilih opsi perjalanan menggunakan mobil;

4. Untuk mendapatkan informasi tarif tol, pastikan fitur tersebut sudah diaktifkan dengan sebelumnya menuju ke menu Setelan -Navigasi- lalu aktifkan pilihan "lihat tarif kartu tol" di bagian bawah;

5. Nantinya, akan ada beberapa opsi jalan yang bisa ditempuh oleh pengendara, termasuk saat hendak melakukan perjalanan menggunakan jalan tol;

6. Dalam keterangan jalan, akan muncul juga estimasi biaya tol yang harus dibayar penggemudi ketika ingin lewat gerbang jalan bebas hambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper