Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sewa Mobil Kembali Bersemi, Trac Kewalahan Penuhi Permintaan Selama Lebaran

Trac Astra melihat geliat bisnis penyewaan mobil menanjak seiring pelonggaran kebijakan protokol kesehatan dari pemerintah. Hal itu tampak dari lonjakan penyewaan saat musim Lebaran.
Ilustrasi/trac.astra.co.id
Ilustrasi/trac.astra.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Penyewaan mobil terlihat bersemi saat pemerintah membolehkan masyarakat pulang kampung Lebaran tahun ini. Anak usaha Astra Grup di bidang sewa kendaraan yaitu Trac Astra sampai kewalahan penuhi permintaan pelanggan.

Chief Operating Officer Trac Halomoan Fischer mengatakan bahwa hal tersebut karena persiapan yang mepet. Pemerintah mengizinkan mudik sekitar seminggu sebelum lebaran.

“Kami pemain industri menunggu waktu itu melihat kebijakan dari pemerintah. Lalu seminggu terakhir saat fix [resmi boleh] mudik, habis kendaraan kami,” katanya di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Fischer menjelaskan bahwa tujuh hari sebelum dan sesudah lebaran stok mobil Trac malah habis dipesan. Terutama, katanya, untuk daerah Jawa, Bali, dan Sumatra kosong. 

Untuk menambah stok unit, Trac Astra sampai harus memakai kendaraan khusus tahunan agar bisa memenuhi pesanan pelanggan. Peningkatan tahun ini diakui Fischer sangat luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya selama Covid-19.

Dua tahun terakhir, tidak ada yang menyewa kendaraan. Trac sangat berhati-hati dalam memilih konsumen saat lebaran karena pemerintah masih melarang mudik.

Oleh karena itu, para pelanggan yang ingin memakai jasa trac ditanya lebih dalam tujuan mereka. Jika untuk mudik, pasti ditolak.

“Memang bicara antusiasme kita ada kenaikan 20 persen dan itu habis. Kita sampai kewalahan” jelasnya.

Kini meski lebaran usai, rental mobil masih tinggi. Fischer menuturkan bahwa penyebab utamanya adalah mobilitas yang mulai bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper