Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kata Suzuki soal Mobil Terbarunya Ertiga Hybrid, Segera Meluncur?

Beredar kabar bahwa mobil terbaru Suzuki Ertiga Hybrid akan segera meluncur di Indonesia pada pertengahan 2022.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  12:07 WIB
Suzuki meluncurkan varian terbaru Ertiga di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.  - SIS
Suzuki meluncurkan varian terbaru Ertiga di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. - SIS

Bisnis.com, JAKARTA – Suzuki berencana meluncurkan mobil terbarunya pada pekan kedua di bulan Juni 2022. Kabar yang beredar mobil tersebut adalah Ertiga ramah lingkungan berteknologi hibrida atau hybrid.

Saat dikonfirmasi, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra tidak mengiyakan atau membantah kabar tersebut.

“Untuk produk detailnya akan kami infokan dalam waktu dekat,” kata Donny melalui pesan instan, Rabu (25/5/2022).

Ertiga hybrid sendiri sudah meluncur di India pada April. Di sana, hadir dengan opsi yang berbeda, yaitu mesin bensin, CNG, dan smart hybrid.

Pada keterangan pers yang diberikan kepada wartawan pertengahan Mei, Suzuki menyatakan terus melakukan pengembangan tren teknologi yang disesuaikan dengan kesiapan pasar. Salah satu inovasinya adalah Suzuki Smart Hybrid.

Donny menjelaskan bahwa saat ini industri otomotif sudah memasuki era elektrifikasi. Oleh karena itu, Suzuki mengenalkan teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid yang lebih modern, efisien, kompak, dan sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

“Suzuki Smart Hybrid adalah teknologi yang kami yakini bisa diserap dengan baik oleh pasar,” jelasnya.

Suzuki Smart Hybrid merupakan teknologi yang mengoptimalkan efisiensi kendaraan dengan mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal. Kedua komponen tersebut yaitu Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery.

Prinsip mekanisme kerja dari Suzuki Smart Hybrid untuk mencapai efisiensi sangat praktis bagi pengendara. Ketika pengendara melakukan akselerasi, komponen ISG akan memberikan bantuan tenaga kepada mesin bila dibutuhkan untuk meringankan beban pada putaran mesin sehingga pengendara bisa memperoleh tenaga yang diperlukan secara lebih cepat.

Saat pengendara harus melakukan perlambatan kecepatan menggunakan rem, fungsi ISG akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang kemudian akan disimpan dalam Lithium-Ion Battery.

Kondisi mobil yang telah berhenti akan mengaktifkan fitur Auto Start-Stop sehingga mesin mobil akan mati secara otomatis untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Di saat yang sama, seluruh komponen elektrikal di dalam kabin tetap berfungsi. Begitu juga dengan AC.

“Kami mengembangkan teknologi Suzuki Smart Hybrid ini berdasarkan riset internal yang kami lakukan. Suzuki Smart Hybrid disesuaikan dengan pangsa pasar dan tren otomotif untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan advanced technology yang lebih efisien dan ramah lingkungan,” terang Donny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil suzuki Mobil Baru suzuki ertiga mobil hybrid
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top