Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Otomatis Menang Lelang IBID? Pakai Fitur Ini

Tentunya untuk membeli mobil bekas, terdapat beberapa aspek wajib yang perlu diperhatikan seperti memperhatikan kondisi eksterior, mesin dan semua fitur yang dimiliki, merek, model, serta tahun pembuatan mobil.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  18:27 WIB
Foto: dok. IBID/Balai Lelang Serasi
Foto: dok. IBID/Balai Lelang Serasi

Bisnis.com, JAKARTA – Selain showroom dealer, membeli mobil bekas dengan harga yang fair dapat dilakukan dengan mekanisme lelang. Keunggulan mekanisme lelang ialah peminat diberikan kesempatan mengajukan tawaran paling tinggi dan terbaik.

Jika tidak ada yang menawar lebih tinggi lagi, maka Anda yang berhak membawa pulang mobil lelang. Dengan kata lain, penawar dengan harga tertinggi yang berhak mendapatkan mobil lelang tersebut.

Tentunya untuk membeli mobil bekas, terdapat beberapa aspek wajib yang perlu diperhatikan. Anda wajib memperhatikan kondisi eksterior, mesin dan semua fitur yang dimiliki, merek, model, serta tahun pembuatan mobil.

Semua aspek tersebut perlu dicermati agar dapat menentukan harga yang ditawarkan. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan mobil lelang dengan harga yang tepat dan rasional. Setelah dapat menentukan kisaran harga yang rasional, Anda bisa langsung mengikuti proses lelang.

Pada proses lelang terdapat metode Flash Auction di mana kecepatan pengajuan penawaran atau bidding juga diperlukan. Prinsipnya, siapa cepat dialah yang akan dapat.

Dengan tuntutan seperti itu, mengajukan penawaran harga atau bidding secara manual yakni mengajukan penawaran terus-menerus akan kurang efektif. Tambah lagi, pada saat yang sama, Anda harus memantau jalannya lelang melalui live streaming dan siap untuk nge-bid, jika ada peserta lain mengajukan bidding yang lebih bagus.

Kendala itu, saat ini sudah dapat diatasi khususnya jika mengikuti lelang yang digelar IBID-Balai Lelang Serasi (IBID). Alasannya, IBID telah menyediakan fitur Auto BID yakni sebuah layanan yang berfungsi untuk memudahkan peserta saat mengikuti proses lelang.

Cara Kerja AutoBID

Cara kerja AutoBID adalah menyediakan layanan bidding otomatis hingga mencapai batas harga maksimal yang telah diatur atau ditetapkan sebelumnya.  Artinya, peserta tidak perlu terus-menerus memasukkan harga secara manua, cukup menonton sembari memantau jalannya proses lelang.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, bisa dilakukan melalui website IBID ataupun aplikasi. Caranya, pada saat lelang berlangsung, nyalakan fitur Auto BID yang tersedia pada layar.

Anda hanya perlu memasukan nominal harga tertinggi yang diinginkan untuk unit kendaraan yang dilelang. Sebagai contoh penawaran penawaran yang diajukan kenaikannya Rp500.000 setiap kali penawaran.

AutoBID akan bekerja otomatis dan Anda tinggal memantau jalannya lelang, karena akun peserta akan mengajukan penawaran harga secara otomatis dengan kenaikkan kelipatan Rp500.000 hingga mencapai batas nominal tertinggi yang telah mereka input di fitur Auto BID.

Jika ada peserta lain yang mengajukan penawaran harga yang lebih tinggi atau di atas harga tertinggi yang Anda tawar, Anda dapat mengajukan autobid lagi bila waktu lelang masih lebih dari 5 menit sebelum lelang berakhir dan bila waktu lelang sisa 5 menit lagi pengajuan harga dilakukan secara manual sehingga tercapai harga terbentuk.

Dengan sistem AutoBID ini kemungkinan menang lelang dengan secara tepat dan praktis pun sangat tinggi. Anda tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan memenangkan lelang untuk mobil yang diincar.

Mekanisme live auction melalui website pun membuat Anda tak perlu ragu mengikuti program karena tak ada risiko berkerumun. Kondisi kendaraan atau objek lelangan dapat Anda perhatikan pula dalam deskripsi detail pada lot, termasuk foto fisiknya.

Untuk kondisi kendaraan yang dilelang di IBID, Anda tidak perlu khawatir karena setiap kendaraan yang masuk ke daftar lelang IBID diperiksa dengan sistem inspeksi Astra Car Valuation (ACV) yaitu sistem inspeksi kendaraan yang dilakukan oleh tenaga ahli.

Pemeriksaan yang detail ini membuat hasil pengecekan kendaraan lebih akurat. Selain itu, laporan hasil inspeksi kendaraan juga dapat dilihat pada halaman detail kendaraan pada website maupun aplikasi IBID.  Untuk mengikuti lelang, Anda bisa langsung mengakses laman IBID di www.ibid.astra.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil PT Serasi Autoraya
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top