Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pantas, Elon Musk Kepincut Investasi di Indonesia. Luhut Tawarkan Kawasan dekat IKN

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku menawarkan Elon Musk untuk investasi di kawasan Kalimantan Utara (Kaltara) yang kaya akan barang tambang. Posisi Kaltara itu pun dekat dengan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  15:48 WIB
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022)/BPMI Setpres - Laily Rachev.
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022)/BPMI Setpres - Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa industri baru akan berkembang di Kalimantan Utara (Kaltara). Daerah itu pula yang ditawarkan kepada CEO Tesla Inc. Elon Musk

“Saya ketemu Elon Musk dan salah satu yang kita tawarkan ini. Mereka sudah kirim tim ke sini dan mereka sangat puas dengan prospek ini,” katanya sambutan acara Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia melalui virtual, Senin (23/5/2022).

Luhut menjelaskan bahwa saat ini pemerintah masih dalam tahap negosiasi dengan Elon. Menurutnya, hal tersebut tidak mudah.

Terkait dengan kawasan industri Kaltara, tambah Luhut, kini sedang proses konstruksi. Di situ, dia menyebut akan ada industri petrokimia terbesar di dunia yang bisa menghasilkan 4x16 juta ton.

Lalu ada electronic alumina yang bisa menghasilkan 3 juta ton, besi dan baja 5 juta ton, energi baru baterai 265 GWH, serta industri dan polycristalline sillicon 1,4 juta ton. Prospek inilah yang disebut Luhut yang membuat Elon puas.

“Jadi Kaltara ini sebenarnya investasi dalam 5 sampai 7 tahun ke depan mencapai US$132 miliar. Ini jaraknya dengan IKN [Ibu Kota Negara Nusantara] 180 Km. Jadi, itu akan kita hubungkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia. Pemilik mobil listrik Tesla ini akan menanamkan modal pada dua sektor.

“Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar. Pertama ekosistem baterai mobil. Kedua mobilnya,” katanya pada konferensi pers melalui virtual.

Bahlil menjelaskan bahwa waktu realisasi investasi Tesla masih belum bisa diumumkan. Begitu pula dengan nominal yang akan masuk ke Indonesia.

Alasannya, tanda tangan kerja sama belum dilakukan. Meski begitu, dia pastikan hal tersebut akan terjadi tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top