Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Covid-19, Tesla Berhasil Jual 310.048 Mobil Listrik

Tesla Inc. berhasil mencetak rekor pengiriman 310.048 mobil listrik di seluruh dunia pada kuartal awal tahun ini.
Dokumentasi - Mobil Tesla Model 3 buatan China saat proses pengiriman di pabriknya di Shanghai, China (7/1/2020). /ANTARA-REUTERS
Dokumentasi - Mobil Tesla Model 3 buatan China saat proses pengiriman di pabriknya di Shanghai, China (7/1/2020). /ANTARA-REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Tesla Inc. membukukan rekor penjualan 310.048 mobil di seluruh dunia dalam kondisi yang dikatakan Elon Musk sebagai kuartal pertama yang amat sulit.

Hasil yang dipublikasikan pada hari Sabtu (02/04/2022), sedikit di luar ekspektasi. Berdasarkan rata-rata perkiraan yang disusun oleh Bloomberg, mereka memperkirakan 309.158 kendaraan dikirim karena gelombang konsumen yang terus meningkat beralih ke kendaraan listrik.

Fluktuasi tingkat dan aturan infeksi Covid-19 di seluruh dunia terus mempengaruhi logistik dan rantai pasokan. Produsen mobil itu juga untuk sementara menangguhkan produksi pabriknya di Shanghai mulai bulan lalu setelah kota itu memberlakukan lockdown karena wabah virus Corona yang memburuk.

"Ini adalah kuartal yang sangat sulit karena gangguan rantai pasokan & kebijakan nol Covid di China. Pekerjaan luar biasa oleh tim Tesla dan pemasok utama menyelamatkan hari ini " kata Musk dalam akun Twitternya, Minggu (03/04/2022).

Pengiriman Tesla lebih baik daripada yang diproyeksikan mengingat masalah rantai pasokan akibat pandemi Covid-19, analis Wedbush yang dipimpin oleh Dan Ives menulis dalam sebuah catatan.

“Kami percaya sekitar 20k-25k unit didorong keluar dari 1Q ke 2Q karena masalah logistik dan pabrik yang membuat jumlah permintaan yang mendasari ini masih terlihat kuat dengan lintasan yang kuat untuk sisa tahun 2022,” catat Ives.

Pengiriman triwulanan adalah salah satu indikator yang paling diawasi ketat untuk Tesla karena mereka mendukung hasil keuangan pembuat mobil. Angka tersebut secara luas dilihat sebagai barometer untuk permintaan mobil listrik secara umum karena perusahaan yang berbasis di Austin, Texas telah memimpin pengisian untuk mobil bertenaga baterai.

Tesla telah mengatakan bahwa jumlah pengirimannya konservatif dan bahwa angka akhir dapat bervariasi 0,5 persen atau lebih. Perusahaan memproduksi 305.407 kendaraan untuk kuartal tersebut.

Produsen mobil tidak membagi penjualan berdasarkan geografi, tetapi AS dan China adalah pasar terbesarnya dan sebagian besar penjualan adalah sedan Model 3 dan crossover Y.

Tesla membuat model 3 dan Y, serta sedan Model S lama dan crossover X di Fremont, California. Pabrik Shanghai memproduksi model 3 dan Y.

Tesla baru-baru ini mulai mengirimkan Model Y dari pabrik baru di Berlin dan akan merayakan pembukaan pabrik di Austin dengan acara "Cyber Rodeo" yang akan dihadiri 15.000 orang pada 7 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper