Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Starter? Ini Dia Penyebabnya

Masalah aki, seperti kehabisan air aki hingga soak, biasanya menjadi salah satu alasan umum mobil tidak bisa distarter.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 07 Maret 2022  |  09:27 WIB
Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Starter? Ini Dia Penyebabnya
Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. - Auto2000
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA Penggantian aki merupakan salah satu solusi mobil tidak menyala akibat aki soak. Jika ada kondisi ketika aki sudah ganti tetapi mobil tetap tak mau menyala tentu perlu dipertanyakan.

Dilansir dari Auto2000, mobil tidak hanya membutuhkan bensin agar bisa menyala, tapi juga energi listrik. Sumber utama pasokan listrik mobil terletak di komponen akinya. Masalah aki, seperti kehabisan air aki hingga soak, menjadi salah satu alasan umum mobil tidak bisa distarter.

Pemilik mobil pasti melakukan penggantian aki saat menghadapi masalah tersebut. Prosedur penggantian dan pemasangan aki pun dilakukan secara tepat mengikuti manual book. Sayangnya, mobil tetap tidak mau menyala meski akinya sudah baru dan belum pernah digunakan sebelumnya.

Berikut penyebab mobil tidak bisa menyala meski sudah ganti aki:

1. Aki Belum di-charge

Aki baru tidak menyimpan arus dan tegangan listrik hanya untuk starter mobil. Ini biasa terjadi kalau teman Bisnis menggunakan aki basah yang tidak bersifat Maintenance Free (MF). Jika anda menggunakan aki kering dan bersifat MF, maka daya listriknya cukup untuk menyalakan mobil.

2. Kualitas Aki Buruk

Penyebab ini terjadi jika anda membeli aki rekondisi alias aki bekas yang sudah mengalami perbaikan kondisi agar terlihat bagus. 

Kualitas aki ini biasanya tidak jelas dan sudah mengalami perbaikan kualitas berkali-kali lewat rekondisinya. Lebih baik menggunakan aki yang terjamin keasliannya, terlihat dari boks, segel, dan kondisi bodi. 

3. Masalah Kelistrikan pada Starter

Komponen penyusun kelistrikan starter mobil sangat banyak dan rumit. Mulai dari aki, kabel starter, sekring, relay, hingga motor starter, semuanya merupakan bagian dari sistem kelistrikan mobil. Saat penggantian aki, bisa saja salah satu komponennya bermasalah. 

Sekring putus, terminal kepala aki tertutup keras, relay rusak, dan lain-lain. Teman Bisnis  harus mengecek satu per satu sistem kelistrikan ini dan lakukan perbaikan jika ada komponen yang rusak.

4. Masalah pada Alarm Mobil

Alarm mobil bisa menjadi pemicu mobil tidak mau menyala pasca penggantian aki. Ada mobil yang dirancang fungsi alarmnya agar terputus ke sistem starter. Hal ini terjadi jika ada prosedur pengaktifan alarm yang terlewat saat ganti aki.

5. Sistem Pengapian Bermasalah

Terakhir, sistem pengapian yang buruk, seperti busi usang atau kualitasnya menurun, bisa saja menjadi alasan mobil susah distarter. Koil dan ECU mobil yang sudah tidak mumpuni pun bisa menjadi penyebabnya. Ada juga dinamo starter yang rusak sehingga aliran listrik mobilnya tidak sampai ke aki mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil tips otomotif Aki Mobil
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top