Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perdana, Toyota Motor Indonesia Ekspor Mobil ke Australia

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menambah daftar negara tujuan ekspor lewat pengapalan perdana produknya ke Australia. Ekspor itu terbilang perintis jalan ekspor ke "Negeri Kangguru" sejak dilakukannya kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Australia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 15 Februari 2022  |  11:50 WIB
Perdana, Toyota Motor Indonesia Ekspor Mobil ke Australia
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. - TMMIN
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi mengekspor perdana kendaraan Toyota Fortuner ke Australia.

Sejak beroperasi di Indonesia, PT Toyota Motor Indonesia Manufacturing telah mengekspor 2 juta unit kendaraan ke lebih dari 80 negara yang tersebar di empat benua; Asia, Amerika, Afrika, dan kini Australia.

Pelepasan ekspor ini pun ditandai dengan hadirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmitha.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyebutkan bahwa seluruh mobil Toyota yang akan di ekspor sudah memiliki kandungan lokal alias local purcahse sebesar 75 persen. Di mana Agus mengatakan hal ini sejalan dengan arahan Jolowi terkait peningkatan
investasi, nilai tambah, dan memperluas pasar ekspor termasuk membuka pasar ekspor baru.

"Berkaitan investasi, pada sektor otomotif sepanjang 2021 telah mencatat nilai sebesar Rp 22,5 triuliun naik 220 persen dari total nilai investasi di tahun sebelumnya," kata Agus dalam YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/2/2022).

Agus juga mengatakan Indonesia saat ini sudah mengekspor mobil ke hampir 80 negara di 4 benua, yaitu Amerika, Afrika, Asia, dan Australia. Selain ekspor perdana kendaraan roda empat ke Australia, Jokowi sekaligus meluncurkan ekspor ke Filipina dan Jepang.

Adapun Presiden Joko Widodo mengapresiasi TMMIN, sebagai korporasi di bidang industri yang  bisa bertahan dan mengembangkan upaya di tengah kecamuk Covid-19. "Kesempatan itu telah terbukti diambil oleh PT Toyota Motor Manufacturing dengan ekspor perdananya ke Australia," kata Jokowi

Jokowi mengapresiasi hal tersebut karena hal itu juga membuktikan bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam menghasilkan produk kualitas ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor toyota Presiden Joko Widodo TMMIN Agus Gumiwang
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top