Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Penyebab Kipas Radiator Nyala Terus saat Mobil Mati

Bisnis.com merangkum penyebab kipas radiator nyala terus saat mobil mati.
Radiator Mobil. /Toyota
Radiator Mobil. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Kipas radiator merupakan sebuah komponen dalam mobil, kipas radiator seharusnya hanya menyala ketika mobil digunakan. Namun, ada kasus kipas radiator nyala terus kendati mesin belum hidup.

Dilansir dari Auto2000, jika kipas radiator langsung menyala ketika mobil mati pasti Anda menjadi tidak nyaman. Kalau sudah begini, maka sudah waktunya mobil dibawa ke bengkel. Namun sebelum itu, mari ketahui informasi efek kipas radiator yang menyala terus dan penyebabnya. 

Ada beberapa efek yang dapat terasa ketika kipas radiator nyala terus. Membiarkannya terus menyala sudah pasti tidak baik. Salah satu efeknya adalah aki menjadi cepat tekor. Akhirnya sistem kelistrikan mobil menjadi tidak bekerja sempurna, bahkan mengganggu aktivitas Anda untuk bepergian.

Efek lainnya adalah mesin menjadi boros bahan bakar, ditambah tarikan yang kurang enak. Masalah ini memang membuat mesin terus bekerja. Itulah mengapa menjadi boros bahan bakar dengan tarikan yang kurang enak. 

Rasanya pasti tidak nyaman ketika berkendara dengan kondisi seperti ini. Sebaiknya Anda memahami penyebab dari masalah ini agar mengetahui lebih jelas apa awalnya.

Ini empat penyebab kipas radiator nyala terus:

1. Kerusakan Water Temperature Sensor

Penyebab pertama kipas radiator mobil nyala terus adalah kerusakan Water Temperature Sensor (WTS). Bagi yang belum mengetahuinya, WTS sering disebut juga sebagai ECT (Engine Coolant Temperature Sensor).

Kerusakan WTS yang memberikan efek ini biasanya terjadi karena short circuit atau korsleting. Nilai tahanan WTS menjadi tetap 0 dan arus listrik terus mengalir ke ECU.

ECU menilai sinyal ini sebagai penanda bahwa suhu air pendingin menjadi panas. Akhirnya ECU langsung mengaktifkan kipas radiator mobil sehingga terus berputar. 

2. Kerusakan Refrigerant Pressure Sensor

Penyebab lainnya dari masalah ini adalah kerusakan Refrigerant Pressure Sensor. Kerusakannya membuat kipas terus nyala ketika AC juga dinyalakan. 

Dalam kondisi normal, saat AC tidak dinyalakan, putaran kipas menjadi normal mengikuti kondisi pendingin mesin. Namun jika terjadi kerusakan di Refrigerant Pressure Sensor, maka ECU bisa memerintahkan kipas radiator terus berputar sepanjang waktu.

3. Kerusakan Fan Control Unit

Fan Control Unit adalah microcontroller untuk mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai kebutuhan mesin. Walau tidak dapat dimungkiri bahwa pada saat ini, sudah tidak banyak mobil yang menggunakan teknologi Fan Control Unit.

Jika mobil Anda ternyata masih memiliki teknologi ini, sebaiknya hati-hati. Kerusakan pada bagian ini sudah pasti menjadi penyebab kipas radiator terus menyala.

4. Kerusakan Relay Fan Radiator

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah kerusakan relay fan radiator. Komponen ini merupakan saklar elektrik yang bekerja elektromagnetik sesuai arus input di bagian kumparan.

Kerusakan relay fan radiator sudah pasti membuat kipas radiator nyala terus. Sama seperti penyebab pertama, kerusakannya biasa terjadi karena korsleting di dalam relay fan radiator. Bisa karena faktor umur pemakaian yang sudah tua atau terjadi hal aneh di bagian rangkaiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper