Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Perbedaan Transmisi Xpander Baru dan Lama

Mitsubishi New Xpander dibekali dengan transmisi CVT yang dikombinasikan dengan mesin 1.5L Mivec Dohc 16 Valve dengan spesifikasi Euro4.
Mitsubishi New Xpander. /MMKSI
Mitsubishi New Xpander. /MMKSI

Bisnis.com, JAKARTA — Satu pembaruan Mitsubishi Xpander anyar yang meluncur jelang akhir 2021 adalah transmisi. PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membekali New Xpander dengan transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L Mivec Dohc 16 Valve dengan spesifikasi Euro4.

General Manager of Product Strategy Division MMKSI Guntur Harling mengatakan transmisi baru Xpander  memberikan perpindahan gigi yang halus. Apabila mengemudi dengan santai, rasanya akan seperti membawa motor skuter matic. Akan tetapi bila mengemudi dengan agresif, akan terasa hentakan halus perpindahan gigi. 

CVT yang menggantikan transmisi otomatis konvensional juga berperan membuat pembakaran Xpander terbaru semakin efisien. Di atas kertas beban transmisi baru ini lebih ringan karena sistem kerjanya halus dan minim friksi. 

Sementara itu Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia Rifat Sungkar mengatakan bahwa CVT sudah jadi teknologi wajib untuk mobil baru. "Karena dengan CVT firksi yang terjadi sangat sedikit. Dengna firiksi yang sedikit mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," katanya.

Dia sempat menceritakan bahwa transmisi CVT tersebut telah dijajal di beberapa tipe jalanan. Perbedaan paling terasa dengan transmisi Xpander lama adalah adanya semacam dorongan tenaga ekstra pada putaran mesin 3.000–3.500 rpm. 

"Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di rpm tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," katanya. 

Adapun sistem transmisi CVT memang berbeda dengan transmisi otomatis konvesional atau torque converter. Pada transmisi CVT, ada puli dan sabuk baja yang bertugas menggerakkan transmisi, sedangkan perubahan gigi rasio akan menyesuaikan berdasarkan putaran mesin.

Mengutip keterangan resmi Mitsubishi Motors, ada beberapa keuntungan menggunakan transmisi CVT, selain perpindahan gigi yang halus.

Transmisi CVT bisa memberikan daya engine brake yang lebih besar, tanpa harus shifting atau menurunkan gigi, termasuk pada saat jalanan menanjak.

Selain itu, keunggulan dari CVT adalah kecilnya power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebihan karena rpm lebih stabil. Akan tetapi perlu diingat hal ini juga sangat tergantung dengan gaya berkendara masing-masing pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper