Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Kaya Kebal Pandemi, Toyota Yakin Jualan 300 Unit Land Cruiser Tahun Ini

Sepanjang 2021, Toyota menjual 90 unit Land Cruiser, setelah tahun sebelumnya mengirimkan 200 unit ke konsumen.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 14 Januari 2022  |  15:06 WIB
Toyota Land Cruiser 300 GR Sport.  - Bisnis/Muhammad Khadafi
Toyota Land Cruiser 300 GR Sport. - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) membidik penjualan All New Land Cruiser 300 dapat mencapai 300 unit sepanjang tahun ini. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan dengan kinerja generasi sebelumnya, yang hanya terjual 90 unit sepanjang 2021. 

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan penjualan Land Cruiser pada tahun lalu anjlok. Sebelumnya, atau 2020, TAM mengirimkan sekitar 200 unit SUV termewah Toyota ini ke konsumen. 

"Tahun ini semoga lebih baik," kata Anton saat peluncuran Land Cruiser 300 di Edutown BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (14/1/2022).

Dia menjabarkan bahwa permintaan Land Cruiser di pasar global sangat tinggi. Di negara asalnya, Jepang, antrean pemesanan cukup panjang. 

Indonesia pada tahun ini mendapatkan kuota sekitar 20–30 unit per bulan. "Kami akan semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia," katanya. 

Anton menambahkan segmen mobil premium di Indonesia tidak begitu terdapam pandemi Covid-19. Konsumen di kelas ini cenderung dapat distimulus dengan model baru. 

Sebagaimana diketahui, saat ini industri otomotif masih tertatih menuju pemulihan. Kendati penjualan tahun lalu naik signifikan secara tahunan, tetapi level pemulihan pasar domestik masih sekitar 80 persen.

Adapun Land Cruiser 300 dipasarkan dalam dua varian di Indonesia, yakni VX-R dan GR Sport. Kedua mobil ini dibanderol dengan harga, masing-masing, Rp2,327 miliar dan Rp2,378 miliar.

Baik VXR-dan GR Sport memiliki fitur yang hampir serupa. Kendati demikian, mobil ini memiliki segmen yang berbada. Land Cruiser varian VX-R merupakan model SUV yang mengedepankan kemewahan, sedangkan GR Sport fokus pada tampilan gagah dan kemampuan off-road.

Land Cruiser 300 VX-R dan GR Sport dilengkapi dengan mesin diesel V6D twin-turbo berkapasitas 3.346 cc. Mesin ini mampu menghasilkan 304,7 tenaga kuda pada 4.000 rpm dan torsi puncak 700 Nm pada 1.600-2.600 rpm.

Tenaga dahsyat ini disalurkan menuju roda penggerak 4x4 melalui transmisi otomatis 10-speed Direct Shift-10AT. Toyota mengklaim transmisi ini dapat menyalurkan tenaga lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi medan, mulai dari bebatuan hingga pasir sekalipun. 

Soal fitur, Toyota Land Cruiser 300 telah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) di semua varian. Teknologi ini  terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Tidak hanya TSS, Toyota juga menyematkan fitur telematika dan layanan terkoneksi T-intouch pada Land Cruiser 300.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif toyota penjualan mobil Toyota Astra Motor
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top