Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BBM RON 88 atau Premium Mau Dihapus, Apa Itu RON?

RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number. RON menjadi patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  16:53 WIB
Petugas melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU yang ada di Jakarta, Senin (31/9).  - Bisnis/Nurul Hidayat
Petugas melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU yang ada di Jakarta, Senin (31/9). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Belakangan ramai pemberitaan mengenai rencana pemerintah menghapus bensin dengan RON 88, atau yang dijual PT Pertamina (Persero) dengan nama Premium. Jenis bahan bakar minyak (BBM) ini dinilai tidak ramah terhadap lingkungan. 

Lantas apa yang dimaksud dengan RON dan bagaimana efeknya terhadap mobil?

RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number. RON menjadi patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan. Angka RON menunjukkan tingkat ketukan atau banyaknya ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar kendaraan saat pembakaran.

Sederhananya, RON menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang bakar kendaraan.

BBM oktan tinggi (RON tinggi) memiliki kualitas yang lebih baik dibanding oktan yang lebih rendah. Meski begitu bensin oktan tinggi belum tentu memengaruhi kinerja mesin secara signifikan. Ini karena performa mesin tidak hanya dipengaruhi penggunaan bahan bakar.

Adapun BBM di Indonesia terdiri dari beberapa tingkat RON. Berikut daftarnya yang dikutip hari ini, Jumat, 31 Desember 2021: 

Premium (RON 88)

BBM Premium memiliki nilai oktan paling rendah. BBM RON 88 cocok untuk mobil atau motor yang memiliki kompresi mesin rendah, yakni 9:1.

Pertalite (RON 90)

Pertalite yang memiliki oktan 90 paling banyak digunakan di Indonesia karena memang RON pada BBM jenis ini dianggap paling sesuai dengan kebanyak mobil. Pertalite cocok digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

Pertamax (RON 92)

BBM jenis Pertamax ini sangat cocok dengan kendaraan-kendaraan keluaran terbaru yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1, atau kendaraan dengan teknologi Electronics Fuel Injection (EFI).

Pembakaran BBM RON 92 tersebut lebih sempurna karena mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air.

BBM RON 92 yang di Indonesia dinamai Pertamax, memiliki ecosave technology yang berfungsi membersihkan bagian dalam mesin (detergency). Kemudian juga dilengkapi pelindung karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar, dan ruang bahan bakar.

Pertamax Turbo (RON 98)

Pertamax Turbo dikembangkan untuk kebutuhan mesin mobil berteknologi tinggi. BBM jenis ini pertama kali diluncurkan pada Agustus 2016 di arena balapan Lamborghini, Belgia. BBM RON 98 tersebut masuk Indonesia pada 2018.

Pertamax Turbo cocok untuk mobil dengan rasio kompresi 11:1 sampai 13:1, yang biasa pada mobil sport, mobil premium, alias mobil performa tinggi.

Pertamax Turbo memiliki tingkat RON BBM tertinggi di Indonesia. Menggunakan BBM oktan tinggi ini membuat mobil semakin lincah, torsi yang dihasilkan lebih tinggi, kecepatan meningkat, tenaga mesin semakin kuat, dan pembakaran BBM pada mesin lebih sempurna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina mobil BBM

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top