Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Toyota hingga Wuling, Ini Daftar Perkiraan Mobil Baru Tahun 2022

Dunia otomotif Indonesia pada tahun 2022 diperkirakan bakal banjir mobil baru. Ada beberapa merek, seperti Toyota, Honda, hingga Wuling yang diduga kuat bakal meluncurkan produk anyar di Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  23:03 WIB
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022.  - Wuling
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. - Wuling

Bisnis.com, JAKARTA — Tahun 2022 sepertinya akan semakin menarik untuk industri otomotif, mengingat pada tahun ini ada sekitar 23 mobil yang hadir di tanah air. Maka dari itu Bisnis merangkum beberapa prediksi mobil yang akan hadir di Indonesia tahun depan.

Toyota Fortuner 2.8

Dilansir dari Drivespark, Toyota global dikabarkan akan mengeluarkan beberapa mobil pada tahun 2022. Sementara itu di Indonesia, PT Toyota Astra Motor dikabarkan akan mengeluarkan Fortuner dengan mesin 2.800 cc. Kabar ini oleh Permendagri Nomor 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen itu terdapat informasi bahwa Fortuner terbaru akan memiliki kubikasi mesin 2.800 cc dan hadir dalam dua tipe yaitu VRZ 4x2 AT dan VRZ 4x4 AT.

Toyota terakhir meluncurkan Fortuner terbaru pada 2020 lalu. Saat itu, Pembaruan di New Fortuner meliputi penyegaran di desain eksterior, interior, konektivitas, dan keamanan. Mobil tersebut dilengkapi mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm.

Mobil Hybrid Toyota

Toyota juga dikabarkan akan memproduksi mobil hybrid buatan Indonesia pada 2022, hal ini juga didukung oleh pernyataan Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono yang mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan persiapan ekspor untuk model hybrid electric vehicle (HEV) produksi lokal pada 2022.

Sejauh ini informasi yang beredar adalah HEV tersebut merupakan pengembangan dari model yang sudah ada saat ini. Sedikit bocoran, mobil tersebut merupakan kendaraan yang saat ini sudah diproduksi di Indonesia dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 80-85 persen. 

Isuzu MU- X 4x2

Sebelumnya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meluncurkan MU-X  4x4 di GIIAS 2021. Adapun untuk MU-X 4x2 belum diluncurkan di Indonesia, padahal mobil ini sudah diluncurkan di Thailand.

MU-X 4x2 pun dinilai sebagai mobil yang lebih cocok untuk kendaraan penumpang dikarenakan berbagai fitur yang ada termasuk fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). 

Honda BR-V, CR-V, SUV RS

Honda Prospect Motors (HPM) memang sudah meluncurkan MPV BR-V generasi terbaru, namun baru mulai diantar ke konsumen pada Januari 2022. Hal ini pun sama seperti CR-V Black Edition yang baru saja diluncurkan awal Desember lalu.

Pada GIIAS 2021, HPM juga menampilkan SUV RS Concept, di mana ini bisa menjadi calon pesaing antara Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan KIA Sonet. Honda RS Concept ini pun juga pengembangan dari R&D Honda Asia Pacific Co., Ltd dengan tim Honda Indonesia. 

Suzuki Vitara Brezza

Sama seperti Honda, diperkirakan Suzuki akan meluncurkan mobil di segmen SUV kompak. Vitara Brezza akan menantang Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Kia Sonet.

Mobil ini juga dikabarkan akan menggunakan mesin bensin 1,5 liter seperti yang sudah digunakan oleh Suzuki Ertiga yang menghasilkan tenaga sebesar 104 PS dan torsi mencapai 138 Nm.

Wuling GSEV

Wuling Motors akan memulai debut mobil listrik dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) di Indonesia pada 2022.

Wakil Presiden Wuling Motors Han Dehong mengatakan pihaknya siap menghadirkan produk terbaru untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Platform mobil listrik Wuling, GSEV telah dipamerkan di GIIAS 2021.

GSEV merupakan platform kendaraan listrik yang dikembangkan Wuling dengan mengusung bentuk dan ukuran kompak. Platform itu tersedia dalam dua pilihan konfigurasi bangku yakni 2-seater ataupun 4-seater.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik mobil Toyota Astra Motor honda prospect motor Mobil Baru Wuling Motors
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top