Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

New Xpander Punya Suspensi Baru, Apa Keunggulannya?

Suspensi baru New Xpander memiliki dimensi yang lebih tinggi, mengadopsi desain milik Pajero Sport. 
New Xpander. /MMKSI
New Xpander. /MMKSI

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan penyegaran pada Xpander pada bulan lalu. Ada beberapa perubahan seperti transmisi dan suspensi baru, interior, hingga eksterior.

Director of Aftersales Division Eichiro Hamazaki mengatakan bahwa satu keunggulan Xpander  yang dikedepankan adalah kenyamanan, kekedapan suara, dan pengalaman berkendara. Selain itu juga terdapat banyak fitur-fitur yang sangat fungsional mulai dari AC digital, head unit 9 inci yang bisa terkoneksi Android Auto dan Apple Car Play, ruang penyimpanan yang besar, hingga port USB type C.

New Xpander Punya Suspensi Baru, Apa Keunggulannya?

New digital AC.

Oleh karena itu perubahan yang terbilang kentara adalah suspensi. Pembaruan pada suspensi bagian belakang meningkatkan kenyamanan untuk melibas jalanan tidak rata. 

Hamazaki mengatakan bahwa suspensi baru memiliki dimensi yang lebih tinggi, mengadopsi desain milik Pajero Sport. 

Sementara itu, Head of Training Section MMKSI Arif Dwiyanto menjelaskan bahwa suspensi yang dipakai New Xpander bukan komponen yang sama dengan Pajero Sport. Meskipun memiliki lebar yang sama, suspensi kedua mobil tersebut memiliki panjang yang berbeda.

Akan tetapi komponen-komponen yang digunakan shockbreaker New Xpander dan Pajero Sport disebut sama. Secara teknologi suspensi Xpander baru, kata Arif, menyerupai sedan Lancer Evolution.

Arif juga mengatakan bahwa rasa suspensi Xpander baru juga kini lebih rigid, tanpa mengorbankan kenyamanan. “Shockbreaker yang bagus itu bisa meredam optimal. Kalau jelek, dia mental-mental. Makanya ketika lewat jalan keriting, mobil terguncang, bikin mual,” kata dia.

Fungsi suspensi adalah menjaga guncangan ketika roda mobil masuk ke dalam lubang atau berada di posisi jalan yang tidak rata. Hal ini akan membuat bodi mobil akan turun. Suspensi memiliki peran untuk menahan agar penurunan bodi mobil halus dan juga mengembalikan posisi bodi mobil secara perlahan.

Sementara itu, untuk transmisi baru Xpander, diklaim bakal memberikan perpindahan gigi yang halus. Apabila mengemudi dengan santai, rasanya akan seperti membawa motor skuter matic. Akan tetapi bila mengemudi dengan agresif, akan terasa hentakan halus perpindahan gigi. 

New Xpander Punya Suspensi Baru, Apa Keunggulannya?

Charging port pada baris kedua. /MMKSI

Adapun dari sisi fitur keselamatan, New Xpander dibekali dengan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, sabuk pengamana dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock2, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold 4, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist (ASC, BA dan HSA, dilengkapi mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper