Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagaikan Otaknya Mobil, Begini Cara Kerja ECU Mobil

Mobil ternyata tersusun dari sejumlah komponen mekanikal serta komponen elektrikal seperti Electronic Control Unit atau ECU. ECU pun dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dalam mobil, maka dari itu simak bagaimana kerja ECU mobil.
Aki Mobil. /Suzuki Indomobil
Aki Mobil. /Suzuki Indomobil

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil ternyata tersusun dari sejumlah komponen mekanikal serta komponen elektrikal seperti Electronic Control Unit atau ECU. ECU pun dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dalam mobil, maka dari itu simak bagaimana kerja ECU mobil.

Dilansir dari Auto2000, ECU sendiri merupakan pengontrol pusat dan layaknya sebagai sebuah otak dari sistem manajemen mesin. Benda yang rata-rata berbentuk kotak itu mengontrol pasokan bahan bakar, manajemen udara, injeksi bahan bakar, dan pengapian.

Karena skalabilitas kinerjanya, ECU juga mampu mengontrol sistem pembuangan serta mengintegrasikan fungsi transmisi dan kendaraan. ECU digunakan oleh berbagai mobil, baik yang menggunakan mesin bensin maupun diesel, bahkan mobil hybrid.

ECU yang merupakan sebuah modul elektronik ini adalah komputer built-in yang menjadi tumpuan kendaraan Anda untuk mengelola berbagai sistem dan fungsinya.

Melalui berbagai sensor elektronik, chip, dan komponen di dalam kendaraan, ECU dapat mengirimkan umpan balik data ke mesin. Sifat umpan balik itu akan menentukan fungsi mana yang akan dilakukan mesin secara berkelanjutan.

Hal tersebut sangat membantu dalam menghitung takaran udara dan bahan bakar yang tepat dan dibutuhkan untuk proses pembakaran di ruang bakar kepala silinder. Dengan begitu, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dapat dicapai.

 

Masalah Umum pada ECU

Pada dasarnya mobil telah dirancang memiliki ECU yang bukan hanya pintar, namun juga kuat dan tak mudah rusak. Namun, ada sejumlah hal yang bisa menyebabkan modul elektronik ini rusak.

Salah satu yang sangat membahayakan ECU adalah banjir. Jika mobil terendam banjir dan air sampai mengenai ECU dalam waktu yang lama, maka potensi kerusakannya bisa sangat besar.

Selain itu, waspadai juga kondisi aki mobil. Aki mobil memiliki sel elektronik yang krusial agar ECU berfungsi.

Jika salah satu sel di aki mobil Teman Bisnis mati, maka ECU Anda akan berpotensi rusak juga. Setelah semua sel mati, baterai dianggap mati dan seluruh fungsi elektrikal kendaraan Teman Bisnis tidak akan dapat berfungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Auto2000
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper