Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menelusuri Industri Otomotif RI Lewat Buku Agus Tjahajana

Buku karya Agus Tjahajana Wirakusumah bercerita mulai dari fakta perniagaan mobil di Indonesia yang sudah ada sejak negara ini berada dalam masa pemerintah kolonial Belanda hingga upaya Indonesia menjadi pemain utama di era mobil listrik.
Agus Tjahajana memamerkan buku Industri Otomotif untuk Negeri. /Dokumentasi pribadi
Agus Tjahajana memamerkan buku Industri Otomotif untuk Negeri. /Dokumentasi pribadi

Bisnis.com, JAKARTA — Komisaris PT Astra Otoparts Tbk. Agus Tjahajana Wirakusumah meluncurkan buku Industri Otomotif untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik. Buku ini mencoba menangkap perjalanan panjang dan dinamika industri otomotif di Indonesia. 

Agus yang sempat mengabdi lebih dari 30 tahun di Kementerian Perindustrian, berharap di tengah terbatasnya referensi tentang struktur industri otomotif Indonesia yang lengkap, karyanya dapat menjadi sumber penting bagi seluruh pemangku kepentingan di industri manufaktur.

"Harapan saya buku ini menjadi referensi yang utuh dan lengkap tentang industri otomotif yang selama lima dekade telah berkontribusi sangat besar untuk negeri ini," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (17/12/2021).

Adapun buku ini bercerita mulai dari fakta perniagaan mobil di Indonesia yang sudah ada sejak negara ini berada dalam masa pemerintah kolonial Belanda. Perdagangan mobil pada era ini mendorong beberapa merek otomotif asal Amerika dan Eropa masuk ke Indonesia dengan mitra para pengusaha lokal. Pengusaha lokal inilah yang memasarkan mobil asal Amerika dan Eropa dengan perannya sebagai importir.

Buku ini juga menuliskan soal para tokoh yang menjadi perintis industri otomotif berkembang di Indonesia, seperti William Soeryadjaya, Hadi Budiman, dan Sjarnoebi Said, dan Soebronto Laras.

Mereka menjadi pembuka jalan bagi merek otomotif dunia bersama perusahaan atau kelompok usahanya, seperti PT Astra International Tbk., PT Honda Prospect Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, serta PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

Jasa mereka membuat merek otomotif dunia asal Jepang, seperti Toyota, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi ekspansi ke Indonesia sejak 1970-an hingga saat ini.

Menariknya, buku ini juga menulis tentang perjuangan Indonesia membangun mobil merek nasional (mobnas) dengan konteks global. Mulai era “mobnas” sebelum sedan Timor, mobil Esemka, hingga mobil mikro nasional seperti Ammdes. Ini menjadi salah satu cerita menarik perjalanan industri ini di Tanah Air sekaligus gambaran betapa tidak mudahnya kegiatan mengembangkan mobil merek nasional.

Buku ini juga secara khusus memaparkan soal peluang dan tantangan industri otomotif Indonesia di era mobil listrik. Termasuk bagaimana potensi Indonesia bisa menjadi pemain utama di era mobil zero emission, setelah era mobil internal combustion engine (ICE).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper