Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mercedes-Benz S-Class dan E-Class Rakitan Lokal Siap Distribusi

S-Class dan E-Class melengkapi jajaran mobil Mercedes-Benz yang dirakit di Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 30 November 2021  |  18:47 WIB
Mercedes-Benz S-Class dan E-Class rakitan pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. - MBDI
Mercedes-Benz S-Class dan E-Class rakitan pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. - MBDI

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) bakal segera mendistribusikan Mercedes-Benz S-Class dan E-Class rakitan lokal. Hal ini seiring dengan peluncuran produksi perdana kedua sedan mewah tersebut dari pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. 

''Sedan mewah baru dari Mercedes-Benz menjadi tolok ukur di kelasnya masing-masing dan kami bangga produk baru ini dirakit di pabrik Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang”, ujar Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk jun, mengutip keterangan resmi, Selasa (30/11/2021).

Dalam kunjungan tersebut, perwakilan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia dan perwakilan Kementerian Perindustrian diundang ke fasilitas produksi PT MBI untuk plant tour yang dipimpin oleh Patrick Schwind, Presiden Direktur PT MBI.

“Kami sangat bangga – bahkan selama pandemi – kami telah berhasil merakit S-Class baru dan E-Class baru. Mercedes-Benz S-Class adalah limusin mewah terkemuka di segmennya dan kami telah berhasil menerima “Green Quality Release” dari auditor independen untuk perakitan kendaraan ini di Indonesia. Kami melanjutkan jalan kami untuk merakit kendaraan Mercedes-Benz berkualitas tinggi dengan mengikuti standar kualitas bersertifikat. Kami bangga memiliki sekelompok talenta yang sangat termotivasi dan bersemangat dalam merakit mobil Mercedes-Benz untuk pelanggan Indonesia kami," ucap Patrick.

Sejarah Mercedes-Benz di Indonesia dimulai pada 1970 saat perusahaan manufaktur dan perusahaan distribusi resmi berdiri. Namun kehadiran merek Benz sendiri sudah hadir jauh lebih lama.

Kendaraan bermotor pertama di Nusantara adalah Benz Victoria Phaeton yang dimiliki oleh Soesoehoenan Solo, Pakoeboewono X yang membeli kendaraan tersebut pada 1894.

Pada 1973 mobil pertama Mercedes-Benz pertama yang dirakit di Indonesia adalah generasi W 115, pendahulu E-Class, yang juga dikenal sebagai "mini". Model lainnya adalah W 126 yang dikenal sebagai "eagle" yang merupakan sedan limusin termewah pada saat itu, pada tahun 1979.

Pada tahun 1978, pembangunan pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang dimulai dan operasi dimulai pada tahun 1982. Salah satu model pertama yang dirakit di sini adalah G-Class atau “G-Wagon” yang ikonik.

Saat ini, PT MBI beroperasi di area seluas 411.000 meter persegi, dan memproduksi kendaraan berkualitas tinggi yang diharapkan oleh pelanggan cerdas dari Mercedes-Benz.

Saat ini 10 model Mercedes-Benz dirakit di pabrik di Wanaherang, ditujukan untuk pasar Indonesia, yakni sedan A-Class, C-Class, E-Class dan S-Class, serta SUV GLA, GLC, GLE dan GLS, dan AMG A 35 Sedan dan GLA 35.

Adapun E-Class baru kini hadir dengan lebih banyak kemudahan dan peralatan keselamatan, sedangkan S-Class hadir dengan teknologi canggih dan kenyamanan tertinggi.

"Permintaan sedan mewah Mercedes-Benz ini meningkat secara signifikan sejak diluncurkan ke pasar. Kami juga berterima kasih kepada para pemangku kepentingan dan mitra bisnis kami yang telah berkontribusi pada kesuksesan kami sejauh ini tahun ini," kata Choi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil Mercedes Benz
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top